Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM DI KOTA BATAM

MARCHELINA HAWA, MERLIANA and Rasyid, Rafki and Ilham, Edinur (2024) PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM DI KOTA BATAM. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
MERLIANA_MARCHELINA_HAWA_2004020082_Manajemen-Cover.pdf - Published Version

Download (968kB)
[img] Text (Abstrak)
MERLIANA_MARCHELINA_HAWA_2004020082_Manajemen-Abstrak.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Bab 1)
MERLIANA_MARCHELINA_HAWA_2004020082_Manajemen-Bab 1.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
MERLIANA_MARCHELINA_HAWA_2004020082_Manajemen-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (Full Teks)
MERLIANA_MARCHELINA_HAWA_2004020082_Manajemen-Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Motivasi, Kompetensi Kewirausahaan, dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha Pada UMKM di Kota Batam. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh padagang UMKM makanan dan minuman yang berlokasi di Kecamatan Batam Kota. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pada kuesioner dilakukan tervalidasi dan reabilitas. Data yang digunakan menggunakan analisis regresi linear berganda, termasuk uji t dan uji F. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel Motivasi (X1), Kompetensi Kewirausahaan (X2), dan Kreativitas (X3) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha (Y). Hasil uji F dapat nilai Fhitung 49,703 dengan Ftabel 2,715. Mengidentifikasikan bahwa variabel kreativitas, pengetahuan kewirausahaan, dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R²) didapat sebesar 62,9%. variabel keberhasilan usaha (Y) dipengaruhi oleh variabel Motivasi (X1), Kompetensi kewirausahaan (X2), dan Kreativitas (X3) sedangkan sisa persentase sebesar 37,1% merupakan variabel yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini yang dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDRasyid, RafkiNIP.197609252021211003
UNSPECIFIEDIlham, EdinurNIP.199103072022031006
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: user manajemen
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:20
Last Modified: 08 Aug 2024 08:20
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8071

Actions (login required)

View Item View Item