SIMANGUNSONG, DINI AYU LESTARI and Arieta, Siti and Samnuzulsari, Tri (2024) INKLUSI SOSIAL ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI KECAMATAN SAGULUNG KOTA BATAM. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Dini Ayu Lestari Simangunsong_2005030019_Sosiologi_Cover.pdf - Published Version Download (859kB) |
|
Text (Abstrak)
Dini Ayu Lestari Simangunsong_2005030019_Sosiologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (173kB) |
|
Text (BAB 1)
Dini Ayu Lestari Simangunsong_2005030019_Sosiologi_BAB 1.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Dini Ayu Lestari Simangunsong_2005030019_Sosiologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (283kB) |
|
Text (Full Text)
Dini Ayu Lestari Simangunsong_2005030019_Sosiologi_Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Daerah Kecamatan Sagulung tidak dapat diabaikan bahwa stigma, prasangka, dan diskriminasi terhadap anak penyandang disabilitas masih saja muncul di masyarakat. Hal ini bisa terjadi karena rendahnya pengetahuan dan faktor sosial budaya di Kecamatan Sagulung. Pemahaman, pendidikan dan kesadaran harus ditingkatkan untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan mendukung anak penyandang disabilitas. Anak-anak penyandang disabilitas di Kecamatan Sagulung dapat berinteraksi sosial yang lebih positif dan inklusif dengan adanya perhatian dari masyarakat, keluarga, dan pemerintah. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk inklusi sosial anak penyandang disabilitas di Kecamatan Sagulung Kota Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan informan sebanyak 10 orang. Data dikumpulkan dengan teknik dan alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori AGIL oleh Talcott Parsons. Hasil penelitian ini adalah bahwa bentuk inklusi dalam keluarga (orangtua) adalah membangun lingkungan yang mendukung bagi anak, memberikan keterampilan seperti sosial, komunikasi dan kemandirian anak serta strategi untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak. Bentuk inklusi sosial dalam sekolah adalah memberikan dukungan dalam pendidikan, membangun lingkungan yang mendukung anak, keterlibatan anak, dan strategi untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak. Sedangkan bentuk inklusi sosial dalam lingkungan adalah menerima anak penyandang disabilitas secara terbuka, memberikan lingkungan yang nyaman, aman, dan ramah.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Social Welfare, Problems and Services/Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi | |||||||||
Depositing User: | user sosiologi | |||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2024 07:11 | |||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2024 07:11 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8261 |
Actions (login required)
View Item |