RISKY, MUHAMAD and Elvi, Mariyanti and Hilda Syani Putri, Nurul (2025) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA DAN SEGIEMPAT BERBASIS BUDAYA LOKAL. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
![]() |
Text (Cover)
MUHAMAD RISKY_2103020034_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (972kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
MUHAMAD RISKY_2103020034_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (385kB) |
![]() |
Text (BAB I)
MUHAMAD RISKY_2103020034_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (432kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
MUHAMAD RISKY_2103020034_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (376kB) |
![]() |
Text (Full Teks)
MUHAMAD RISKY_ 2103020034_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 15 March 2025. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan matematika memiliki peran fundamental dalam mengembangkan intelektual siswa, dengan komunikasi matematis menjadi kunci penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self confidence dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat berbasis budaya lokal di MTs Negeri Tanjungpinang. Studi menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII-6, mengumpulkan data melalui observasi, tes kemampuan komunikasi matematis, skala self confidence, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tingkat self confidence siswa terdistribusi dalam tiga kategori: 18% tinggi, 52% sedang, dan 30% rendah. Siswa dengan self confidence tinggi mampu memenuhi seluruh indikator komunikasi matematis, meliputi mengekspresikan ide matematis dalam gambar, menghubungkan konsep matematika dengan benda nyata, memahami dan mengevaluasi ide matematis, serta menyatakan peristiwa sehari-hari dalam simbol matematis. Siswa berkategori self confidence sedang hanya mampu memenuhi sebagian indikator, sedangkan siswa dengan self confidence rendah tidak dapat memenuhi indikator komunikasi matematis. Penelitian menyimpulkan adanya hubungan signifikan antara self confidence dan kemampuan komunikasi matematis, dengan implikasi pentingnya pengembangan strategi pedagogis yang memperhatikan aspek psikologis siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya geometri.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 000_umum | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 04:52 | |||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 04:52 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |