Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengaruh penggunaan Metode Presentasi, Praktek, dan Presentasi terhadap keterampilan Berbicara Siswa di Kelas VIII SMP N 4 Bintan

Elsa V, Hutasoit and Rona, Elfiza and Gatot, Subroto (2020) Pengaruh penggunaan Metode Presentasi, Praktek, dan Presentasi terhadap keterampilan Berbicara Siswa di Kelas VIII SMP N 4 Bintan. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Elsa V. Hutasoit_160388203019_pendidikanbahasainggris - Elsa Hutasoit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://fkip.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode Presentasi, Praktek, dan Produksi terhadap kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP N 4 Bintan dan sampel penelitian ini adalah 60 siswa. VIIIA dengan 30 siswa sebagai kelas kontrol dan VIIIB dengan 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil oleh kelompok secara acak dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan metode Presentasi, Praktek, dan Produksi dan kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan Metode Grammar Translation. Instrumen penelitian adalah tes lisan. Data dianalisis dengan menggunakan t-test dengan menggunakan Minitab17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen pada post-test adalah 77.33 dan pre-test adalah 41.33. Rata-rata kelas kontrol dalam post-test adalah 67.33 dan pre-test 40.66. Nilai rata-rata siswa dari kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dalam tes Man Whitney peneliti mendapatkan nilai signifikansi 0,000 lebih rendah dari level signifikansi 0.05 (0,000 <0.05). Df adalah 28 di kelas eksperimen dan df di kelas kontrol adalah 28. Dan SD di kelas eksperimen adalah 10.48 dan SD di kelas kontrol adalah 9.44. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa metode Presentasi, Praktek, dan Produksi efektif pada kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 25 Jul 2021 01:57
Last Modified: 25 Jul 2021 01:57
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1336

Actions (login required)

View Item View Item