Indah Artika, Sari and Bony, Irawan and Trisna, Amelia (2020) Analisis kejenuhan Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Dalam Pembelajaran Biologi. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Indah Artika Sari_160384205006_pendidikanbiologi - 160384205006 Indah Artika Sari.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa kelas X dan XI Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang dalam pembelajaran Biologi. Sampel dalam penelitian ini adalah 94 siswa yang berada pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 di Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang yang terdiri dari kelas X dan XI IPA. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket kejenuhan belajar, dan angket terbuka sebagai pendukung angket tertutup. Jumlah item soal dalam penelitian ini yaitu sebanyak 24 item soal. Angket digunakan untuk melihat tingkat kejenuhan belajar siswa, data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Indikator kejenuhan belajar yang diteliti yaitu kelelahan emosi dengan kategori gagal dalam belajar, merasa bersalah dan menyalahkan, merasa dikejar-kejar waktu, mudah marah, mudah cemas, mudah kehilangan kendali diri, dan mengalami ketakutan berlebih. Kelelahan fisik dengan kategori siswa sering merasa lelah dan letih, mudah sakit, sulit tidur, mengalami gangguan makan, menggunakan obat-obatan, dan jantung sering berdebar. Kelelahan kognitif dengan kategori siswa sering merasa enggan membantu dalam belajar, kehilangan makna dan harapan dalam belajar, merasa terjebak dalam belajar, kesulitan konsentrasi, terbebani dengan tugas, dan merasa rendah diri dalam belajar. Dan kehilangan motivasi dengan kategori siswa sering merasa kehilangan idealism dalam belajar, mudah menyerah, mengalami ketidakpuasaan dalam belajar, dan kehilangan minat dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kejenuhan belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang memperoleh nilai rata-rata dengan kategori tinggi untuk kelas X dan XI IPA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang dalam pembelajaran Biologi mengalami tingkat kejenuhan pada ketegori tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 02:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 02:57 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1350 |
Actions (login required)
View Item |