Meri, Mariati and Trisna, Amelia and Bony, Irawan (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Pembelajaran Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
Meri Mariati_160384205018_Pendidikan Biologi (SKRIPSI)_compressed (2) - 160384205018 Meri Mariati.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Berbasis Model Project Based Learning pada materi keanekaragaman hayati yang valid, praktis, dan efektif agar dapat digunakan pada saat kegiatan pembelajaran dikelas X SMA. Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan belajar peserta didik melalui kegiatan merencanakan, melaksanakan penelitian dan menghasilkan produk tertentu yang di bingkai dalam satu wadah berupa proyek pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model 4D. Penelitian ini dilakukan melalui 4 tahapan yaitu: 1 ) Define atau pendefinisian (analisis kurikulum, analisis peserta didik, analisis materi dan merumuskan tujuan); 2) Design atau perancangan (menyusun storyboard dan mendesain instrumen penelitian); 3) Develop atau pengembangan (uji coba produk dan efektivitas menggunakan tes hasil belajar siswa dan sikap/afektif siswa serta keterampilan/psikomotorik siswa dalam membuat proyek); dan 4) Disseminate atau penyebaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning diperoleh hasil rata-rata validasi oleh ahli media sebesar 80% dengan kategori “valid” dan hasil rata-rata oleh ahli materi diperoleh sebesar 84,75% dengan kategori “valid”. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru sebesar 74% dan penilaian praktikalitas oleh siswa sebesar 81,25% dengan kriteria “praktis”. Hasil perolehan efektivitas terdapat pada penilaian hasil belajar siswa dengan rata -rata dari hasil ketuntasan belajar sebesar 86,48% dengn kriteria “efektif” dan pada sikap siswa memperoleh hasil rata-rata sebesar 92% dengan kriteria “sangat efektif” serta keterampilan siswa memperoleh hasil rata-rata sebesar 81% dengan kriteria “efektif”. Dari hasil tersebut, maka LKPD Berbasis model Project Based Learning pada Materi Keanekaragaman Hayati dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan siswa kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 07:00 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 07:00 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1526 |
Actions (login required)
View Item |