Cici, Sahriani and Nina, Adriani and Fitriah, Khoirunnisa (2019) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tanjungpinang pada Materi Ikatan Kimia. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text
CICI SAHRIANI BR. MANULLANG-150384204026-SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kesulitan belajar siswa kelas X pada materi ikatan kimia. Alasan peneliti mengambil judul tersebut karena siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal ikatan kimia. Hal tersebut menunjukkan siswa mengalami kesulitan belajar pada materi ikatan kimia. Oleh sebab itu, peneliti bermaksud menganalisis bagaimana kesulitan belajar siswa pada materi ikatan kimia dan faktor yang mempengaruhinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitaif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil soal tes ikatan kimia, hasil wawancara siswa dan hasil angket respon siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Tanjungpinang yang berjumlah 28 orang. Kesulitan belajar siswa diukur dari hasil soal tes siswa dan didukung dengan wawancara, sedangkan angket bertujuan untuk melihat faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Hasi penelitian menunjukan kesulitan belajar siswa dalam memahami istilah kategori tinggi dengan persentase 70%, kesulitan belajar siswa dalam memahami perhitungan kategori tinggi dengan persentase 68%, dan kesulitan siswa dalam memahami konsep kategori tinggi dengan persentase 71%. Berdasarkan analisis hasil wawancara kesulitan belajar siswa dikarenakan cara belajar siswa yang hanya menghafal, sehingga lupa akan materi yang telah dipelajari, tidak mengulang kembali pelajaran, dan kurang melaku kan latihanlatihan soal. Faktor- faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yaitu (1) faktor internal pada kategori cukup dengan persentase 57,5% meliputi aspek minat (57%) dan aspek motivasi (58%), (2) faktor eksternal pada kategori cukup dengan persentase 59,5% meliputi aspek cara/ metode guru mengajar (5 9%), sarana dan prasarana (60%).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | admin fkip |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 10:38 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 10:38 |
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/1863 |
Actions (login required)
View Item |