Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2020/2021

Yeti Meliana, Siagian and Legi, Elfitra and Tety, Kurmalasari (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2020/2021. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Yeti Meliana Siagian_170388201077_Bahasa dan Sastra Indonesia._ - Yeti Meliana Siagian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 337 siswa dan sampel dalam penelitian ini 77 siswa, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling yaitu sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket pembelajaran daring dan memperoleh hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah angket pembelajaran daring dan dokumentasi yaitu hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji normalitas, uji linearita, dan uji regresi linear sederhana. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tanjungpinang. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran daring dan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2020/2021. Terbukti dari hasil penghitungan analisis regresi linera sederhana yang diperoleh dari koefisien determinasi yaitu R square = 0,074 × 100% = 7,4%, dengan hasil data thitung lebih besar dari ttabel (2,447 > 1,664) sehingga Ha = terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,017 antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2020/2021, maka hipotesis di terima

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 School Administration/Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:31
Last Modified: 28 Dec 2021 04:31
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item View Item