Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berorientasi Science Environment Tecnology and Society (SETS) Pada Materi Larutan Penyangga

Natalia Oktavia, Tamba and Ardi Widhia, Sabekti and Nina, Adriani (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berorientasi Science Environment Tecnology and Society (SETS) Pada Materi Larutan Penyangga. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Natalia Oktavia Tamba_170384204045_Pendidikan Kimia - 170384204045 Natalia Oktavia Tamba.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan penggunaan media pembelajaran, seperti yang kita ketahui bahwa pelajaran kimia merupakan salah satu pelajaran yang kurang menarik dan dianggap sulit oleh sebagian peserta didik, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat memusatkan perhatian peserta didik saat kegiatan belajar mengajar, membangkitkan motivasi pembelajaran, serta menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian Hannafin and Peck yang terdiri dari 1) tahap penilaian kebutuhan (analisis permasalahan, analisis materi) 2) tahap desain 3) tahap pengembangan dan implementasi (pengembangan produk, uji validasi produk, dan uji praktikalitas produk). Sumber data diperoleh dari 1 validator ahli materi dan 1 validator ahli media, uji coba skala kecil 5 peserta didik, skala besar 20 peserta didik dan 1 guru kimia SMA Negeri 1 Toapaya pada uji praktikalitas guru. Hasil validasi ahli materi didapatkan persentase rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil validasi ahli media didapatkan persentase rata-rata sebesar 74% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas media pembelajaran berbasis android berorientasi SETS pada uji skala kecil (N=5) diperoleh persentase rata-rata 85% dengan kriteria sangat praktis, pada uji skala besar (N=20) diperoleh persentase rata-rata 87% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan uji praktikalitas oleh seorang guru sebesar 95% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android berorientasi SETS pada materi larutan penyangga valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:06
Last Modified: 18 Apr 2022 06:06
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item View Item