Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

Nilai Pendidikan Karater dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto

Enina Eninta, Ginting and Ahada, Wahyusari and Dian, Lestari (2022) Nilai Pendidikan Karater dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Enina Enita Ginting_160388201002_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - 160388201002 Enina Eninta Ginting.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya film yang dipertontonkan saat ini yang tidak membangun pembentukan dan perkembangan karakter pada anak. Oleh karena itu film ini dapat menjadi referensi tontonan bagi anak karena banyak mengandung nilai karakter yang positif untuk membantu pembentukan dan perkembangan anak. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dengan jenis penelitian dokumen (dokumen research). Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa teknik simak catat. Berdasarkan hasil dan pengumpulan data yang dilakukan peneliti maka diperoleh data sebanyak 17 jenis nilai pendidikan karakter yang terdiri dari nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab, peduli lingkungan, cinta tanah air, demokrasi, dan semangat kebangsaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 000 Karya Umum > 070 - 079 Journalism, News Media, Publishing (Jurnalisme, Media Berita, Penerbitan) > 070.18 Documentary Films, Educational Films/Film Dokumenter, Film Pendidikan
800. Kesustraan > 801.2 Value, Influence, Effect of Literatures/Nilai-nilai dan Pengaruh Kesusastraan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: admin fkip
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:29
Last Modified: 21 Apr 2022 06:29
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item View Item