Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN LINGGA TAHUN 2019

Arizal, Kurniawan and Kustiawan, Kustiawan and Handrizal, Handrizal (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN PEMASARAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN LINGGA TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text
Arman Jalizar-160565201053-Ilmu Pemerintahan - arman jalizar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://lib.umrah.ac.id

Abstract

Implementasi program pengembangan pemasaran pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan untuk datang ke Kabupaten Lingga sangat penting selain mampu meningkatkan perekonomian masyarakat juga berpengaruh kepada Pemerintah Daerah dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi program pengembangan pemasaran pariwisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan mengolah data dari wawancara Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga dan Masyarakat Kabupaten Lingga, observasi lapangan serta berkas – berkas data yang diperoleh secara langsung. Hasil pada penelitian ini ditemukan bahwa implementasi program pengembangan pemasaran pariwisata yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga sudah berjalan dengan baik. Menggunakan teori dari Sumaryadi (2010) tentang unsur – unsur dalam implementasi kebijakan, yaitu : Proses, Tujuan dan Hasil atau Dampak yang mana pada pelaksanaan program pengembangan pariwisata yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga telah menjalankan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan dan pemasaran pariwisata Kabupaten Lingga, sehingga mampu berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah berupa Pendapatan Asli Daerah. Hasil penelitian pada unsur proses ditemukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga mampu menjalankan segala kegiatan dalam pelaksanaan program pengembangan pemasaran pariwisata. Kemudian unsur tujuan adalah Dinas Pariwisata memiliki target tujuan yang ingin dicapai melalui detinasi, promosi, kelembagaan, dan industri yang jika kesemua tercapai menjadi keberhasilan pemanfaatan potensi daerah. Serta unsur hasil atau dampak yaitu peningkatan kunjungan wisatawan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah yang menandakan berhasilnya pelaksanaan program pengembangan pemasaran pariwisata di Kabupaten Lingga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 380. Perdagangan, Komunikasi, Transportasi
700. Tata Kota, Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan
900. Geografi dan Sejarah > 910.92 Travelers/Turis, Wisatawan, Pelancong
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: admin fisip fisip
Date Deposited: 13 May 2022 04:09
Last Modified: 13 May 2022 04:09
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2718

Actions (login required)

View Item View Item