Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ADVENTURE BERBASIS ANDROID PADA MATERI BENTUK MOLEKUL KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 TOAPAYA

NESI, WINDU and Willian, Nancy and Septiani Siliitonga, Friska (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ADVENTURE BERBASIS ANDROID PADA MATERI BENTUK MOLEKUL KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 TOAPAYA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Windu Nesi_180384204003_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version

Download (935kB)
[img] Text (Abstrak)
Windu Nesi_180384204003_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (BAB I)
Windu Nesi_180384204003_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Windu Nesi_180384204003_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Full Teks)
Windu Nesi_180384204003_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Era revolusi 4.0 pendidikan diharapkan mampu menciptakan generasi yang dapat bersaing dengan sumber daya manusia lainnya dan mampu menguasai teknologi. Guru harus membuat berinovasi dalam menyampaikan materi agar pembelajaran berjalan optimal seperti memanfaatkan media. Teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah menggunakan media pembelajaran seperti game edukasi. game edukasi adventure dapat mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam memecahkan masalah. Pada pembelajaran siswa masih sulit dalam memahami materi bentuk molekul karena terbatasnya media yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji tingkat validitas, dan praktikalitas dari media game edukasi adventure berbasis android pada materi bentuk molekul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap Implementation. Game edukasi divalidasi oleh satu orang validator materi dan satu orang validator media. Subjek penelitian adalah satu orang Guru Kimia dan 32 Siswa di SMA Negeri 1 Toapaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi adventure dinyatakan valid dan praktis. Hal ini berdasarkan pada penilaian oleh ahli materi sebesar 84% dengan kategori valid dan ahli media sebesar 86,2% dengan kategori sangat valid. Persentase praktikalitas oleh guru sebesar 95,3% dengan kategori sangat praktis dan persentase praktikalitas siswa sebesar 90,8% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media game edukasi adventure berbasis android pada materi bentuk molekul dinyatakan valid dan praktis dan dapat digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDWillian, NancyNIP.198107212014042001
UNSPECIFIEDSeptiani Silitonga, FriskaNIP. 198909092019032022
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:17
Last Modified: 02 Aug 2022 07:17
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3749

Actions (login required)

View Item View Item