YANTI MANURUNG, ALFRYTA and Fitriyah, Dina and Fitriani, Rita (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA SMA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Alfryta_Yanti_Manurung_190384204024_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (799kB) |
|
Text (Abstrak)
Alfryta_Yanti_Manurung_190384204024_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (10kB) |
|
Text (BAB I)
Alfryta_Yanti_Manurung_190384204024_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (347kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Alfryta_Yanti_Manurung_190384204024_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (346kB) |
|
Text (Full Teks)
Alfryta Yanti Manurung_190384204024_Pend.Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan E-LKPD berbasis problem based learning (PBL) pada materi kesetimbangan kimia SMA dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan bahan ajar, baik bahan ajar non-elektronik maupun elektronik di SMA Negeri 1 Toapaya. Permasalahan yang dihadapi selama proses pembelajaran adalah bahan ajar yang kurang menarik, peserta didik kurang aktif, sulit memahami materi pembelajaran, dan hasil belajar yang kurang maksimal pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji tingkat validitas, dan praktikalitas dari E-LKPD berbasis Probem Based Learning (PBL) pada materi Kesetimbangan Kimia SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi). Bahan ajar divalidasi oleh satu orang ahli bahan ajar dan satu orang ahli materi. Subjek penelitian adalah pendidik dan peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Toapaya. Hasil validasi ahli bahan ajar sebesar 84,61% dengan kategori sangat valid dan penilaian oleh ahli materi sebesar 86,11% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas guru terhadap produk mendapatkan persentase sebesar 86,36% dengan kategori sangat praktis dan persentase praktikalitas peserta didik terhadap produk sebesar 88,92% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan Penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis problem based learning (PBL) pada materi kesetimbangan kimia layak digunakan pada pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2023 02:19 | |||||||||
Last Modified: | 03 Aug 2023 02:19 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5483 |
Actions (login required)
View Item |