AMELIA PUTRI, HERLINA and Akhyary, Edy and Okparizan, Okparizan (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM SISTEM LAYANAN PENCARI KERJA (SILANCAR) (STUDI KANTOR DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN BINTAN). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
HERLINA AMELIA PUTRI_190563201145_ILMU ADMINISTRASI NEGARA_COVER.pdf - Published Version Download (665kB) |
|
Text (ABSTRAK)
HERLINA AMELIA PUTRI_190563201145_ILMU ADMINISTRASI NEGARA_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (264kB) |
|
Text (BAB 1)
HERLINA AMELIA PUTRI_190563201145_ILMU ADMINISTRASI NEGARA_BAB 1.pdf - Published Version Download (275kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
HERLINA AMELIA PUTRI_190563201145_ILMU ADMINISTRASI NEGARA_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (250kB) |
|
Text (FULL TEXT)
HERLINA AMELIA PUTRI_190563201145_ILMU ADMINISTRASI NEGARA_FULL TEXT_compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kabupaten Bintan mendapati tingginya tingkat persaingan dan sulitnya mendapatkan pekerjaan. Disnaker meluncurkan sebuah aplikasi Sistem Layanan Pencari Kerja (SiLancar) digunakan sebagai sistem khusus pelayanan dan pendataan pekerjaan di Kabupaten Bintan. Di dalam implementasi SiLancar muncul permasalahan seperti masih minimnya pengguna menggunakan aplikasi SiLancar, sulitnya penggunaan SiLancar di platform mobile, dan fitur aplikasi SiLancar masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Program Sistem Layanan Pencari Kerja (SiLancar) Studi Kantor Disnaker Kabupaten Bintan dengan teori Charles O. Jones (1996) dengan indikator Organisasi, Interpretasi, dan Aplikasi. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan objek penelitian yaitu terkait pengimplementasian SiLancar di Kabupaten Bintan, dan dengan informan berjumlah 7 (tujuh) orang. Berdasarkan hasil penelitian berupa wawancara bersama informan bahwasanya Disnaker sudan melakukan sosialisasi dan membantu langsung terkait penggunaan aplikasi SiLancar dan juga mensosialisasikan melalui media sosial agar lebih menjamak para pencari kerja dan masyarakat yang ingin membuat kartu AK-1. Dalam penggunaannya masyarakat mengalami masalah seperti aplikasi yang sering error dan menempati daerah blankspot area dan terkait Disnaker sendiri tidak memiliki operator SiLancar. Dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasiannya Disnaker Bintan sudah mensosialisasikan terkait aplikasi SiLancar kepada masyarakat melalui perangkat desa. Namun ditemukan beberapa kendala seperti Disnaker yang mengalami kekurangan Sumber Daya Manusia terkait penangan SiLancar.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.14 Local Administration, Provinces/Administrasi Lokal, Provinsi |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2023 01:31 | |||||||||
Last Modified: | 10 Aug 2023 01:31 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5654 |
Actions (login required)
View Item |