Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DI PUSKESMAS KECAMATAN MIDAI KABUPATEN NATUNA TAHUN 2023

DASWITA, MIRANTI and Nazaki, Nazaki and Putra, Ardi (2024) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DI PUSKESMAS KECAMATAN MIDAI KABUPATEN NATUNA TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
MIRANTI_DASWITA_2005010023_Ilmu Pemerintahan - Cover.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (Abstrak)
MIRANTI_DASWITA_2005010023_Ilmu Pemerintahan - Abstrak.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (BAB I)
MIRANTI_DASWITA_2005010023_Ilmu Pemerintahan - BAB I.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
MIRANTI_DASWITA_2005010023_Ilmu Pemerintahan - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Full Teks)
MIRANTI_DASWITA_2005010023_Ilmu Pemerintahan - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah penyelenggara pelayanan kesehatan primer yang berusaha meningkatkan kesehatan masyarakat dan kesehatan individu, dengan fokus utama adalah upaya promotif dan pencegahan di lingkungan tempat kerjanya. Puskesmas Midai melayani masyarakat sebagaimana pelayanan publik di bidang kesehatan pada umumnya. Tugas puskesmas umumnyta adalah sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat atau perorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Akan tetapi terdapat beberapa masalah dalam pelayanan publik dipuskesmas Kecamatan Midai yang dimana Puskesmas Midai belum pernah melakukan survey kepuasan masyarakat, kekurangan SDM kompeten, pelayanan lambat serta masih minimnya sarana prasarana penunjang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana tingkat kepuasan masyarakat di puskesmas Kecamatan Midai Kabupaten Natuna. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuntitatif dengan menggunakan analisis survey kepuasan masyarakat dengan hasil dalam bentuk angka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Random Sampling. Ada 9 indikator survey kepuasan masyarakat menurut PERMENPAN No.14 Tahun 2017, namun dalam penelitian ini hanya mengambil 8 indikator saja yaitu persyaratan, prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya, jenis pelayanan, kompentensi pelaksana, perilaku pelaksana, dan saranan prasarana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan perhitungan survey kepuasan masyarakat yang mengacu kepada PERMENPAN No.14 Tahun 2017, maka diperoleh angka indeks untuk setiap pelayanan yaitu Poli umum sebesar 77,75, berikut Poli Gigi sebesar 80,75, lalu Poli KIA dan KB sebesar 79,75 dan yang terakhir Poli Rawat Inap yaitu 78,50 berada di interval 76,61-88,30, sehingga secara keseluruhan nilai rata-rata kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pada puskesmas Kecamatan Midai Kabupaten Natuna adalah 79,25 dengan kategori “B”.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDNazaki, NazakiNIP.198311032012121001
UNSPECIFIEDPutra, ArdiNIP.199210192019131016
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 303.6 Conflict Social/Konflik Sosial
300. Ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan
300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.12 Health Centers/Pusat Layanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: user ilmupemerintahan
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:34
Last Modified: 12 Aug 2024 06:26
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8159

Actions (login required)

View Item View Item