ISTIANA, JUNIAR and Izzati, Nur and Rosmery Tambunan, Linda (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN KARAKTERISTIK PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
JUNIAR ISTIANA_170384202041_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (984kB) |
|
Text (Abstrak)
JUNIAR ISTIANA_170384202041_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text (BAB I)
JUNIAR ISTIANA_170384202041_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (391kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
JUNIAR ISTIANA_170384202041_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (379kB) |
|
Text (Full Teks)
JUNIAR ISTIANA_170384202041_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat diintegrasikan dalam setiap proses pembelajaran, akan tetapi hal tersebut masih minim pelaksanaanya dalam proses pembelajaran matematika. Proses pembelajaran yang masih terkesan monoton karena kurang pemanfaatan teknologi, dan pembelajaran masih cenderung konvensional. Selain itu juga, media pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Karakteristik Pendidikan Matematika Realistik pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4D dengan pembatasan hingga pada tahap pendefinisian (define), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni menggunakan angket. instrumen yang dipersiapkan untuk mendukung pengumpulan data yaitu lembar validasi yang ditujukan kepada para ahli dalam bidangnya. Teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis melalui angket. Data yang diperoleh oleh peneliti ialah data kualitatif kemudian akan ditransformasikan menjadi data kuantitatif dengan Method of Summated Ratings (MSR). Hasil validasi yang telah dilakukan oleh masing-masing validator menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria valid.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2024 01:52 | |||||||||
Last Modified: | 13 Aug 2024 01:52 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8208 |
Actions (login required)
View Item |