JUNIKA, NINDI and Nur, Izzati and Linda Rosmery, Tambunan (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS PADA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII SMP DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
![]() |
Text (COVER)
NINDI JUNIKA_190384202029_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (674kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
NINDI JUNIKA_190384202029_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (146kB) |
![]() |
Text (BAB I)
NINDI JUNIKA_190384202029_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
NINDI JUNIKA_190384202029_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (104kB) |
![]() |
Text (Fullteks)
NINDI JUNIKA_190384202029_Pendidikan Matematika_Fullteks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir matematis pada materi aljabar siswa kelas VII ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.C SMPN 34 Batam yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki laki dan 15 siswa perempuaan. Dari 35 siswa tersebut dikelompokan berdasarkan kategori kemampuan berpikir matematis yang terdiri dari tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Masing masing kategori terdiri dari 1 siswa laki laki dan 1 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Indikator kemampuan berpikir matematis yaitu reproduksi, koneksi, dan analisis. Data hasil penelitian tentang kemampuan berpikir matematis siswa menunjukan bahwa laki laki pada katagori tinggi belum semua memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir matematis, sedangkan siswa perempuan pada kategori tinggi sudah semua memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir matematis, kemudian siswa laki laki pada kategori sedang hanya memenuhi dua indikator kemampuan berpikir matematis yaitu reproduksi dan koneksi dan siswa perempuan pada kategori sedang juga hanya memenuhi dua indikator kemampuan berpikir matetis yaitu reproduksi dan koneksi, sedangkan siswa laki laki dan perempuan pada kategori rendah hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan berpikir matematis.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 06:04 | |||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 06:04 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |