LISDIANINGSIH, LISDIANINGSIH (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANEKDOT MENTOR BERBANTUAN APLIKASI SMART APPS CREATOR 3 PADA MATERI TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TELUK BINTAN TAHUN AJARAN 2024/2025. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
![]() |
Text (Cover)
Lisdianingsih_2003010075_PBSI - Cover.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Abstrak)
Lisdianingsih_2003010075_PBSI - Abstrak.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text (BAB I)
Lisdianingsih_2003010075_PBSI - BAB 1.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Lisdianingsih_2003010075_PBSI - Daftar Pustaka.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Lisdianingsih_2003010075_PBSI - Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Lisdianingsih. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Anekdot Mentor berbantuan Aplikasi Smart Apps Creator 3 pada Materi Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teluk Bintan Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Tanjungpinang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Assoc. Prof. Hj. Dra. Isnaini Leo Shanty, M.Pd., Pembimbing II: Assist. Prof. Legi Elfitra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran anekdot mentor pada materi teks anekdot untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Teluk Bintan tahun ajaran 2024/2025. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D, yang mencakup yahap pengembangan (develop) saja. Media yang dikembangkan berupa aplikasi multimedia interaktif yang memuat materi, soal latihan, dan teka-teki terkait teks anekdot yang dikerjakan oleh siswa. Media anekdot mentor ini telah dinilai oleh dua validator, yaitu ahli media dan ahli materi. Uji coba kepraktisan media dilakukan pada 6 siswa untuk kelompok kecil dan 40 siswa untuk kelompok besar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket validasi oleh ahli media dan materi, serta angket kepraktisan media oleh siswa dari kedua kelompok. Teknik analisis data melibatkan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Asil menunjukkan bahwa media anekdot mentor mendapatkan validasi dari ahli media dengan persentase rata-rata 98% “sangat valid” dan dari ahli materi dengan persentase rata-rata 92,63% “sangat valid”. Uji kepraktisan media oleh kelompok kecil memperoleh rata-rata 93% “sangat praktis”, sedangkan kelompok besar mendapatkan rata-rata 93% “sangat praktis”.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa1 | |||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:03 | |||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:03 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |