SALSABILA, JILAN ZAHWA and Hindrasti, Nur Eka Kusuma and Nevrita, Nevrita (2025) PENGARUH PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMPETENSI SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
![]() |
Text (Cover)
JILAN_ZAHWA_SALSABILA_2003030017_Pendidikan Biologi - Cover.pdf - Published Version Download (516kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
JILAN_ZAHWA_SALSABILA_2003030017_Pendidikan Biologi - Abstrak.pdf - Published Version Download (57kB) |
![]() |
Text (BAB I)
JILAN_ZAHWA_SALSABILA_2003030017_Pendidikan Biologi - BAB I.pdf - Published Version Download (67kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
JILAN_ZAHWA_SALSABILA_2003030017_Pendidikan Biologi - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (132kB) |
![]() |
Text (Full Teks)
JILAN_ZAHWA_SALSABILA_2003030017_Pendidikan Biologi - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Project-based learning terhadap keterampilan kolaborasi dan kompetensi siswa pada materi keanekaragaman makhluk hidup di SMAN 4 Tanjungpinang. Penelitian ini berjenis quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yaitu pre-test post-test non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 4 Tanjungpinang tahun ajaran 2024/2025 dengan total 498 siswa. Teknik sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X.11 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.10 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi untuk data keterampilan kolaborasi dan tes untuk data kompetensi siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengukur keterampilan kolaborasi dan soal objektif untuk mengukur kompetensi siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Mann Whitney U, uji Independent Sample t Test dan uji Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan Project-based learning berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Penerapan Project-based learning berpengaruh terhadap kompetensi siswa. Penerapan Project-based learning berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi dan kompetensi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user Biologi | |||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2025 02:46 | |||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2025 02:46 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |