WULANSARI, FANNY and Dwinata, Alona and Izzati, Nur (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
![]() |
Text (Cover)
Fanny_Wulansari_2003020010_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (624kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Fanny_Wulansari_2003020010_Pendidikan Matematika-Abstrak.pdf - Published Version Download (54kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Fanny_Wulansari_2003020010_Pendidikan Matematika-Bab I.pdf - Published Version Download (140kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Fanny_Wulansari_2003020010_Pendidikan Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (185kB) |
![]() |
Text (Full Teks)
Fanny_Wulansari_2003020010_Pendidikan Matematika-Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas E-Modul Matematika pada Materi Peluang sebagai Media Pendukung Pembelajaran Berdiferensiai untuk Siswa SMP Kelas VIII. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 siswa kelas VIII SMPN 4 Tanjungpinang. Jenis penelitiannya adalah R&D dengan langkah-langkah ADDIE: Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Metode pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar angket validasi dan instrumen efektivitas. Validasi ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 80%, validasi ahli media sebesar 92%, ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 68% dan angket respon guru diperoleh respon positif. Hasil angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 78% dengan kriteria praktis. Hasil N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,72 dengan kategori peningkatan tinggi dan ketercapaian hasil belajar terhadap KKTP menunjukkan siswa masuk kategori minimal cukup. Hal ini menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul matematika sebagai media pendukung pembelajaran berdiferensiasi memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi peluang.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2025 02:41 | |||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2025 02:41 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |