Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

WULANSARI, FANNY and Dwinata, Alona and Izzati, Nur (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Fanny_Wulansari_2003020010_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text (Abstrak)
Fanny_Wulansari_2003020010_Pendidikan Matematika-Abstrak.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Bab I)
Fanny_Wulansari_2003020010_Pendidikan Matematika-Bab I.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Fanny_Wulansari_2003020010_Pendidikan Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Full Teks)
Fanny_Wulansari_2003020010_Pendidikan Matematika-Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas E-Modul Matematika pada Materi Peluang sebagai Media Pendukung Pembelajaran Berdiferensiai untuk Siswa SMP Kelas VIII. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 siswa kelas VIII SMPN 4 Tanjungpinang. Jenis penelitiannya adalah R&D dengan langkah-langkah ADDIE: Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Metode pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar angket validasi dan instrumen efektivitas. Validasi ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 80%, validasi ahli media sebesar 92%, ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 68% dan angket respon guru diperoleh respon positif. Hasil angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 78% dengan kriteria praktis. Hasil N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,72 dengan kategori peningkatan tinggi dan ketercapaian hasil belajar terhadap KKTP menunjukkan siswa masuk kategori minimal cukup. Hal ini menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul matematika sebagai media pendukung pembelajaran berdiferensiasi memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi peluang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDDwinata, AlonaNIP.198802232014042003
UNSPECIFIEDIzzati, NurNIP.197003251998022002
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 07 Feb 2025 02:41
Last Modified: 07 Feb 2025 02:41
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8565

Actions (login required)

View Item View Item