Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERKONTEKS BUDAYA MELAYU KEPULAUAN RIAU

WULAN, RORO and Febrian, Febrian and Rahmatina, Desi (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERKONTEKS BUDAYA MELAYU KEPULAUAN RIAU. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
RORO_WULAN_2003020021_Pendidikan Matematika-Cover.pdf - Published Version

Download (774kB)
[img] Text (Abstrak)
RORO_WULAN_2003020021_Pendidikan Matematika-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (529kB)
[img] Text (BAB I)
RORO_WULAN_2003020021_Pendidikan Matematika-BAB 1.pdf - Published Version

Download (670kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
RORO_WULAN_2003020021_Pendidikan Matematika-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (656kB)
[img] Text (Full Teks)
RORO_WULAN_2003020021_Pendidikan Matematika-Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA dalam menyelesaikan soal berkonteks budaya Melayu Kepulauan Riau. Tahapan yang digunakan menurut Polya yaitu memahami masalah, merencanakan strategi, melaksanakan strategi dan memeriksa kembali jawaban. Jenis penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI E SMA Negeri 1 Bintan Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 siswa yang berada pada kategori tinggi dengan presentase 7%, 9 siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 33%, dan 16 siswa berada pada kategori rendah dengan presentase 60%. Berdasarkan tes dan wawancara, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi dapat memenuhi tahapan memahami masalah, merencanakan strategi, melaksanakan strategi, dan menarik kesimpulan. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika sedang juga menunjukkan kemampuan memenuhi tahapan memahami masalah, merencanakan strategi, dan melaksanakan strategi pada soal nomor 1 dan 2. Namun, pada soal nomor 3, siswa hanya dapat memenuhi tahap memahami masalah. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematika rendah cenderung hanya dapat memenuhi satu indikator pemecahan masalah matematika, yaitu memahami masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDFebrian, FebrianNIP.198802072015041004
UNSPECIFIEDRahmatina, DesiNIP.197612052121212002
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 07 Feb 2025 06:50
Last Modified: 07 Feb 2025 06:50
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item View Item