SEPTIARINI, SHERLY and Kurnianingsih, Fitri and Subiyakto, Rudi (2022) ANALISIS KINERJA PENGELOLAAN BANK SAMPAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BATAM. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
SHERLY SEPTIARINI_180563201071_Ilmu Administrasi Negara_Cover.pdf - Published Version Download (577kB) |
|
Text (Abstrak)
SHERLY SEPTIARINI_180563201071_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version Download (118kB) |
|
Text (BAB I)
SHERLY SEPTIARINI_180563201071_Ilmu Administrasi Negara_BAB I.pdf - Published Version Download (470kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
SHERLY SEPTIARINI_180563201071_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (231kB) |
|
Text (Full Teks)
SHERLY SEPTIARINI_180563201071_Ilmu Administrasi Negara_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Sampah selama pandemi covid-19 tetap meningkat akibat aktivitas belanja online, dan pesan antar, kita menggunakan plastik yang lebih banyak dari kehidupan biasanya, begitu juga dengan sampah medis. Hal ini dikarenakan masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak sosial. Masalah lingkungan yang berkaitan dengan sampah menjadi perhatian Pemerintah kota Batam sejak dulunya. Melalui program kegiatan Bank sampah diharapkan masyarakat ikut partisipasi aktif supaya berimplikasi pada tereduksinya sampah yang sampai ke TPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja pengelolaan bank sampah pada masa pandemi covid-19 di Kota Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah didapat dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Produktivitas belum optimal selama pandemi menurun akibat adanya pembatasan kegiatan sosial, (2) Kualitas layanan belum dilakukan secara intensif masih memerlukan pendampingan, (3) Responsivitas belum berjalan optimal karena masih ada kebutuhan pengelola yang belum ideal, (4) Responsibilitas sudah berjalan optimal dimana program serta kegiatan pengelolaan sudah terlaksana sesuai prinsip 3R, (5) Akuntabilitas sudah optimal, karena pengelola BSI maupun BSU sudah mencatat dan mendokumentasikan dengan baik apa yang menjadi pertanggungjawaban untuk dilaporkan nantinya ke pihak terkait. Kesimpulan tentang kinerja pengelolaan bank sampah di Kota Batam, dimana indikator keberhasilan Bank Sampah Batam adalah bergantung pada kinerja Bank Sampah Unit dalam mendaur ulang sampah, maka penelitian menunjukkan bahwa kinerja UPT Bank sampah belum optimal, masih rendah jika dibandingkan dengan jumlah sampah yang seharusnya tereduksi. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya peran serta masyarakat pengelola Bank Sampah unit dan kurang tersosialisasinya eksistensi keberadaan bank sampah unit pada masyarakat. Saran dari penelitian ini adalah Bank Sampah Pusat Kota Batam perlu fokus pada aspek pendampingan terhadap pengelolaan Bank Sampah Unit.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 363.7288 Garbage Disposal/Permasalahan Pembuangan Sampah dan Limbah | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2022 14:26 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2022 14:26 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/2945 |
Actions (login required)
View Item |