Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN TANJUNGPINANG

TRISNA, RAHMAD and Poti, Jamhur and Setiawan, Ramadhani (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
RAHMAD_TRISNA_170563201037_Ilmu Administrasi Negara - Cover.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
RAHMAD_TRISNA_170563201037_Ilmu Administrasi Negara - Abstrak.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (BAB I)
RAHMAD_TRISNA_170563201037_Ilmu Administrasi Negara - BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
RAHMAD_TRISNA_170563201037_Ilmu Administrasi Negara - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (Full Teks)
RAHMAD_TRISNA_170563201037_Ilmu Administrasi Negara - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Corporate Social Responsibility atau yang lebih dikenal dengan sebutan CSR, itu merupakan kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PT. PLN (Persero) UP3 cabang Tanjungpinang melalui program CSR yang berguna untuk mensejahteralkan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, sumber data dari data primer dengan proses wawancara dan observasi serta data sekunder dari dokumentasi seperti laporan tertulis atau publikasi. Penelitian ini menggunakan teori Suharto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pemungkinan dalam bersosialisasi PT. PLN hanya melakukan sebatas formalitas. Pada tahap penguatan, PT. PLN sudah memberikan pengetahuan yang layak kepada masyarakat karena mereka sudah mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Pada tahap perlindungan, perlindungan yang dilakukan oleh PT. PLN masih belum maksimal, mereka hanya melakukannya secara umum saja tidak mengkhususkan di satu tempat itu. Pada tahap penyokongan, motivasi dan dorongan yang dilakukan oleh PT. PLN telah diberikan secara langsung maupun tidak langsung dan juga sudah memberikan pengetahuan dan bantuan berupa barang untuk keperluan yang dibutuhkan. Dan pada tahap pemeliharaan, pemeliharaan yang dilakukan oleh PT. PLN bisa dikatakan masih belum maksimal, karena mereka hanya melakukan pemantauan secara umum saja. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa PT. PLN (Persero) UP3 Tanjungpinang sudah menerapkan proses tahapan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan yang peneliti gunakan dalam lima indikator. Saran penelitan untuk PT. PLN (Persero) UP3 Tanjungpinang harus mempertahankan dan meningkatkan pemberdayaan yang dirasa berhasil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperbaiki apa yang kurang pada pemberian bantuan program csr sehingga dalam menjalankan program tersebut dapat berjalan dengan baik dan teratur tanpa adanya hambatan yang menghambat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDPoti, JamhurNIDN. 1010016404
UNSPECIFIEDSetiawan, RamadhaniNIP. 198306262015041003
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara
300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.14 Local Administration, Provinces/Administrasi Lokal, Provinsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 25 Jul 2022 14:59
Last Modified: 25 Jul 2022 14:59
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3016

Actions (login required)

View Item View Item