Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ASAM BASA

MAR'ATUS, SHOLEHA and Inelda, Yulita and Rita, Fitriani (2022) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
MAR'ATUS SHOLEHA_170384204030_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version

Download (938kB)
[img] Text (Abstrak)
MAR'ATUS SHOLEHA_170384204030_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (BAB I)
MAR'ATUS SHOLEHA_170384204030_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
MAR'ATUS SHOLEHA_170384204030_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (530kB)
[img] Text (FULL TEKS)
MAR'ATUS SHOLEHA_170384204030_Pendidikan Kimia_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Mobile learning Berbasis Literasi Sains Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Asam Basa. Media pembelajaran mobile learning berbasis literasi sains dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai salah satu wujud kemajuan teknologi pada bidang pendidikan dan sebagai penunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian Hannafin dan Peck yang terdiri 3 tahap yaitu tahap penilaian kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Penelitian ini diuji oleh ahli materi, ahli media, guru, dan peserta didik sebagai responden. Hasil validasi ahli materi didapatkan persentase rata-rata sebesar 76,72% dengan kategori valid, sedangkan hasil validasi ahli media didapatkan persentase rata-rata sebesar 91,66% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh peserta didik pada uji coba skala kecil diperoleh persentase rata-rata sebesar 92,29% dengan kategori sangat praktis, pada uji coba skala besar diperoleh persentase rata-rata sebesar 84,21% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji praktikalitas oleh guru sebesar 95,83% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis literasi sains pada materi asam basa dinyatakan valid dan praktis dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Mobile Learning; Literasi Sains; Asam Basa

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDInelda, YulitaNIP.19860705842042004
UNSPECIFIEDRita, FitrianiNIP.199110042019032023
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:06
Last Modified: 26 Jul 2022 08:06
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item