HARYANI, PUTRI and Hendrayady, Agus and Okparizan, Okparizan (2022) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI TANJAK OLEH DISKOMINFO KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (COVER)
PUTRI HARYANI-18056321007_IAN- COVER 2022 SKRIPSI.pdf - Published Version Download (857kB) |
|
Text (ABSTRAK)
PUTRI HARYANI-18056321007_IAN- ABSTRAK-2022.pdf - Published Version Download (100kB) |
|
Text (BAB 1)
PUTRI HARYANI-18056321007_IAN- bab 1 2022.pdf - Published Version Download (244kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
PUTRI HARYANI-18056321007_IAN- daftar isi 2022.pdf - Published Version Download (103kB) |
|
Text (FULL TEXT)
PUTRI HARYANI SKRIPSI_FULL TEXT_180563201007_IAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pelayanan publik pada dasarnya sangat berkaitan dengan aspek kehidupan sosial yang luas dalam kehidupan bernegara, pemerintah memiliki tugas sebagai penyedia berbagai pelayanan publik yang diperlukan masyarakat dalam bentuk lain dalam bidang pendidikan,kesehatan, informasi teknologi dan lainnya. Di pemerintah Kota Tanjungpinang telah melakukan inovasi pelayanan publik mengenai sarana informasi masyarakat melalui aplikasi tanjak atau disebut dengan sebutan TanjungPinang aktual.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Tanjak Oleh Diskominfo Kota Tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait aplikasi tanjak. Data yang dapat kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menelaah seluruh data yang telah dikumpulkam yang didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori menurut rogers (2003) yang mengemukakan indikator keuntungan relative yang memberikan banyak keuntungan bagi pengguna aplikasi tanjak, kesesuaian terhadap inovasi sebelumnya dengan inovasi sekarang tidak berbelit-belit, kerumitan bagi pengguna aplikasi mengatakan ada beberapa kendala saja yang dialami, kemungkinan dicoba aplikasi telah terbukti terpuji mempunyai keuntungan bagi penggunanya, dan kemungkinan diamati oleh seluruh lapisan masyarakat dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa inovasi pelayanan publik melalui aplikasi tanjak sudah cukup berhasil, namun dari lima indikator inovasi yang digunakan adalah keuntungan relative, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba dan kemungkinan diamati. Terdapat dua indikator yang belum maksimal yaitu kerumitan dan kemungkinan dicoba. Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, Tanjak, Diskominfo Tanjungpinang
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.63 Government Workers/Pegawai Pemerintah | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2022 09:08 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2022 09:08 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3235 |
Actions (login required)
View Item |