Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI TANJAK OLEH DISKOMINFO KOTA TANJUNGPINANG

HARYANI, PUTRI and Hendrayady, Agus and Okparizan, Okparizan (2022) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI TANJAK OLEH DISKOMINFO KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
PUTRI HARYANI-18056321007_IAN- COVER 2022 SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (857kB)
[img] Text (ABSTRAK)
PUTRI HARYANI-18056321007_IAN- ABSTRAK-2022.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (BAB 1)
PUTRI HARYANI-18056321007_IAN- bab 1 2022.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PUTRI HARYANI-18056321007_IAN- daftar isi 2022.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PUTRI HARYANI SKRIPSI_FULL TEXT_180563201007_IAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pelayanan publik pada dasarnya sangat berkaitan dengan aspek kehidupan sosial yang luas dalam kehidupan bernegara, pemerintah memiliki tugas sebagai penyedia berbagai pelayanan publik yang diperlukan masyarakat dalam bentuk lain dalam bidang pendidikan,kesehatan, informasi teknologi dan lainnya. Di pemerintah Kota Tanjungpinang telah melakukan inovasi pelayanan publik mengenai sarana informasi masyarakat melalui aplikasi tanjak atau disebut dengan sebutan TanjungPinang aktual.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Tanjak Oleh Diskominfo Kota Tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait aplikasi tanjak. Data yang dapat kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menelaah seluruh data yang telah dikumpulkam yang didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori menurut rogers (2003) yang mengemukakan indikator keuntungan relative yang memberikan banyak keuntungan bagi pengguna aplikasi tanjak, kesesuaian terhadap inovasi sebelumnya dengan inovasi sekarang tidak berbelit-belit, kerumitan bagi pengguna aplikasi mengatakan ada beberapa kendala saja yang dialami, kemungkinan dicoba aplikasi telah terbukti terpuji mempunyai keuntungan bagi penggunanya, dan kemungkinan diamati oleh seluruh lapisan masyarakat dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa inovasi pelayanan publik melalui aplikasi tanjak sudah cukup berhasil, namun dari lima indikator inovasi yang digunakan adalah keuntungan relative, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba dan kemungkinan diamati. Terdapat dua indikator yang belum maksimal yaitu kerumitan dan kemungkinan dicoba. Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, Tanjak, Diskominfo Tanjungpinang

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDHendrayady, AgusNIDN.1005087301
UNSPECIFIEDOkparizan, OkparizanNIDN0001108304
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 352.63 Government Workers/Pegawai Pemerintah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 22 Jul 2022 09:08
Last Modified: 22 Jul 2022 09:08
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3235

Actions (login required)

View Item View Item