HANDAYANI, VITRI and Setiawan, Ramadhani and Okparizan, Okparizan (2022) EVALUASI PELAKSANAAN PELAYANAN E-PUSKESMAS DI PUSKESMAS SEI JANG KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Vitri Handayani_180563201064_Ilmu Administrasi Negara - Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
Vitri Handayani_180563201064_Ilmu Administrasi Negara - Abstrak.pdf - Published Version Download (174kB) |
|
Text (BAB 1)
Vitri Handayani_180563201064_Ilmu Administrasi Negara - BAB 1.pdf - Published Version Download (301kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Vitri Handayani_180563201064_Ilmu Administrasi Negara - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (390kB) |
|
Text (Full Teks)
Vitri Handayani_180563201064_Ilmu Administrasi Negara - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
E-Puskesmas sebagai aplikasi multi-user dengan teknologi berbasis web yang dapat digunakan lebih dari satu orang pengguna dalam waktu yang sama. Pelayanan aplikasi E-Puskesmas mencatat data pasien secara elektronik dan mempermudah dinas kesehatan untuk memantau data kesehatan masyarakat. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelayanan E-Puskesmas di Puskesmas Sei Jang Kota Tanjungpinang. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan didalam penelitian ini sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori E-Government menurut Indrajit dalam Sabino Mariano (2018:9) dengan menggunakan 3 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Support sudah dilakukan dilihat dari dukungan yang diberikan pemerintah dan sosialisasi yang dilakukan. Capacity dapat dilihat dari sumber daya finansial yang tersedia sudah cukup untuk menyediakan infrastruktur teknologi informasi. Dan sumber daya manusia yang tersedia bisa menggunakan E-Puskesmas. Value dapat dilihat dari manfaat bagi puskesmas dan bagi masyarakat sudah dirasakan, namun dalam pelaksanaannya terkendala internet yang bermasalah atau komputernya bermasalah, dan jaringan sistem tidak bridging antara P-Care BPJS sehingga petugas melayani secara manual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan E-Puskesmas di Puskesmas Sei Jang sudah berjalan namun belum optimal, hal ini terlihat dari terkendala internet yang bermasalah dan jaringan sistem tidak bridging antara P-Care BPJS menyebabkan pelayanan menjadi lambat sehingga jika pasien ramai petugas melayani secara manual. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya pihak Puskesmas Sei Jang dapat lebih mengoptimalkan pelaksanaan pelayanan E-Puskesmas agar efektif dalam melayani masyarakat yang berobat kemudian kepada pemerintah sistem dan koneksi internet dari aplikasi yang masih perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas aplikasi E-Puskesmas.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 353.6 Administration of Health Services/Departemen Kesehatan (Depkes) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2022 01:48 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2022 01:48 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3625 |
Actions (login required)
View Item |