Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DAN TEKNIK PERSUASIF DALAM IKLAN PRODUK MAKANAN DI TRANS TV PERIODE BULAN APRIL 2022

PANGESTU, YOGI and Malik, Abdul and Elfitra, Legi (2022) ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DAN TEKNIK PERSUASIF DALAM IKLAN PRODUK MAKANAN DI TRANS TV PERIODE BULAN APRIL 2022. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
YOGI PANGESTU_180388201060_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
YOGI PANGESTU_180388201060_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Abstrak.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (BAB I)
YOGI PANGESTU_180388201060_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
YOGI PANGESTU_180388201060_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (Full Tesk)
YOGI PANGESTU_180388201060_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan diksi dan teknik persuasif pada iklan produk makanan di Trans TV periode bulan April 2022. Objek penelitian ini adalah iklan produk makanan yang tayang di Trans TV pada pukul 19.00-21.00 WIB selama bulan April 2022. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, perekaman, pencatatan, dan pengalihan wacana. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah terdapat beragam jenis diksi dan teknik persuasif yang digunakan di dalam iklan produk makanan di Trans TV periode bulan April 2022. Adapun jenis diksi yang ditemukan dalam iklan produk makanan di Trans TV periode bulan April 2022 yaitu kata bermakna denotasi, kata bermakna konotasi, kata abstrak, kata kongkret, kata kajian, kata populer, kata umum, kata khusus, dan kata tidak baku. Sementara itu teknik persuasif yang digunakan dalam iklan produk makanan di Trans TV periode bulan April 2022 yaitu, teknik persuasif sugesti, teknik persuasif rasionalisasi, teknik persuasif konformitas, dan teknik persuasif kompensasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDMalik, AbdulNIP 195804091986011002
UNSPECIFIEDElfitra, LegiNIP 198501292015042002
Subjects: 400. Bahasa > 415 Grammar, Sentences, Syntax, Word Order/Tata Bahasa, Kalimat, Sintaksis, Kata
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:10
Last Modified: 04 Aug 2022 04:10
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item