Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

KENDALA PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING YANG DIALAMI GURU DI SMA NEGERI KOTA TANJUNGPINANG

RIZKI PUTRI, NAZURA KHAIRUNNISA and Nevrita, Nevrita and Irawan, Bony (2022) KENDALA PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING YANG DIALAMI GURU DI SMA NEGERI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
NAZURA KHAIRUNNISA RIZKI PUTRI_170384205001_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version

Download (942kB)
[img] Text (Abstrak)
NAZURA KHAIRUNNISA RIZKI PUTRI_170384205001_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (BAB I)
NAZURA KHAIRUNNISA RIZKI PUTRI_170384205001_Pendidikan Biologi_BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NAZURA KHAIRUNNISA RIZKI PUTRI_170384205001_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (Full Teks)
NAZURA KHAIRUNNISA RIZKI PUTRI_170384205001_Pendidikan Biologi_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala proses pembelajaran biologi yang dialami guru SMA Negeri Kota Tanjungpinang pada masa pembelajaran daring pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi di SMA Negeri Kota Tanjungpinang yang berjumlah 26 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru biologi di seluruh SMA Negeri Kota Tanjungpinang yang berjumlah 26 orang yang ditentukan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dan angket terbuka. Angket tertutup digunakan untuk mengumpulkan data utama dan angket terbuka untuk mengumpulkan data pendukung. Peneliti menggunakan kriteria penskoran Skala Likert untuk mengukur hasil angket tertutup kendala pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kendala proses pembelajaran biologi secara daring yang dialami guru di SMA Negeri Kota Tanjungpinang dikategorikan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil persentase kendala pembelajaran daring diperoleh sebesar 63,2%. Kendala terbesar yang dialami oleh guru antara lain: menerapkan strategi mengajar dan metode mengajar, rendahnya umpan balik siswa, kurang terjalinnya komunikasi dalam belajar, memonitoring siswa, menyampaikan materi, menciptakan lingkungan belajar yang terorganisir, dan sibuk mempersiapkan perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDNevrita, NevritaNIP.196911261993032007
UNSPECIFIEDIrawan, BonyNIP.198802142015041002
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: user biologi
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:38
Last Modified: 04 Aug 2022 08:38
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3903

Actions (login required)

View Item View Item