RIZKI PUTRI, NAZURA KHAIRUNNISA and Nevrita, Nevrita and Irawan, Bony (2022) KENDALA PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING YANG DIALAMI GURU DI SMA NEGERI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
NAZURA KHAIRUNNISA RIZKI PUTRI_170384205001_Pendidikan Biologi_Cover.pdf - Published Version Download (942kB) |
|
Text (Abstrak)
NAZURA KHAIRUNNISA RIZKI PUTRI_170384205001_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (250kB) |
|
Text (BAB I)
NAZURA KHAIRUNNISA RIZKI PUTRI_170384205001_Pendidikan Biologi_BAB I.pdf - Published Version Download (372kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
NAZURA KHAIRUNNISA RIZKI PUTRI_170384205001_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (478kB) |
|
Text (Full Teks)
NAZURA KHAIRUNNISA RIZKI PUTRI_170384205001_Pendidikan Biologi_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala proses pembelajaran biologi yang dialami guru SMA Negeri Kota Tanjungpinang pada masa pembelajaran daring pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi di SMA Negeri Kota Tanjungpinang yang berjumlah 26 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah guru-guru biologi di seluruh SMA Negeri Kota Tanjungpinang yang berjumlah 26 orang yang ditentukan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dan angket terbuka. Angket tertutup digunakan untuk mengumpulkan data utama dan angket terbuka untuk mengumpulkan data pendukung. Peneliti menggunakan kriteria penskoran Skala Likert untuk mengukur hasil angket tertutup kendala pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kendala proses pembelajaran biologi secara daring yang dialami guru di SMA Negeri Kota Tanjungpinang dikategorikan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil persentase kendala pembelajaran daring diperoleh sebesar 63,2%. Kendala terbesar yang dialami oleh guru antara lain: menerapkan strategi mengajar dan metode mengajar, rendahnya umpan balik siswa, kurang terjalinnya komunikasi dalam belajar, memonitoring siswa, menyampaikan materi, menciptakan lingkungan belajar yang terorganisir, dan sibuk mempersiapkan perangkat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 08:38 | |||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 08:38 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/3903 |
Actions (login required)
View Item |