MAYOLA, ERSA and Irawan, Bony and Nuzullah, Azza (2022) PERSEPSI SISWA DAN REFLEKSI GURU TERHADAP PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IX SMP NEGERI 2 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
ERSA_MAYOLA_170384205018_Pendidikan Biologi-Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
ERSA_MAYOLA_170384205018_Pendidikan_Biologi-Abstrak.pdf - Published Version Download (372kB) |
|
Text (BAB I)
ERSA_MAYOLA_170384205018_Pendidikan_Biologi-BAB I.pdf - Published Version Download (322kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
ERSA_MAYOLA_170384205018_Pendidikan_Biologi-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (376kB) |
|
Text (Full Teks)
ERSA_MAYOLA_170384205018_Pendidikan Biologi-Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Flipped classroom telah menjadi trend yang berkembang dimasa pandemi dan memerlukan penelitian untuk penerapannya di sekolah yang ada di Indonesia. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengungkap persepsi siswa dan reflksi guru tentang penerapan flipped classrom di kelas IX di SMP Negeri 2 Tanjungpinang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Persepsi siswa diukur dari 134 ressponden dan refleksi guru diukur dari 2 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner berskala likert yang dilanjutkan dengan wawancara. Secara umum siswa memiliki persepsi yang baik tentang pembelajaran IPA yang dilakukan dengan model pembelajaran flipped classroom (71%). Refleksi guru terhadap penerapan flipped classroom pada pembelajaran IPA kelas IX SMP Negeri 2 Tanjungpinang belum diterapkan dengan maksimal karena terdapat dua tahapan yang tidak sesuai. Yaitu, tahapan kedua guru mata pelajaran IPA kelas IX SMP Negeri 2 Tanjungpinang tidak memberikan bahan ajar IPA terkait materi IPA yang akan dipelajari sebelum pelajaran dimulai. Pada tahapan ketiga siswa jarang untuk aktif dikarenakan siswa malu untuk bertanya di dalam forum diskusi. Secara khusus, responden menganggap penerapan flipped bermakna serta mempromosikan kompetensi inti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa flipped classroom dapat diterapkan di sebagian besar skenario pembelajaran di sekolah Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 570. Biologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2022 02:44 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2022 02:44 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4057 |
Actions (login required)
View Item |