FEBRI SUSANTI, NORA and Widhia Sabekti, Ardi and Fitriani, Rita (2022) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
NORA_FEBRI_SUSANTI_160384204021_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version Download (937kB) |
|
Text (Abstrak)
NORA_FEBRI_SUSANTI_160384204021_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version Download (144kB) |
|
Text (BAB I)
NORA_FEBRI_SUSANTI_160384204021_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version Download (158kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
NORA_FEBRI_SUSANTI_160384204021_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (283kB) |
|
Text (Full Teks)
NORA_FEBRI_SUSANTI_160384204021_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan kurikulum 2013 menuntut guru untuk memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif. Peran guru sebagai fasilitator salah satunya adalah mampu menyajikan sumber belajar yang menarik sehingga dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik. Maka dari itu diperlukan pengembangan sumber belajar berupa bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, terutama di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengembangkan LKPD elektronik berbasis POE pada materi larutan penyangga; 2) Mengetahui validitas LKPD elektronik berbasis POE pada materi larutan Penyangga; dan 3) Mengetahui praktikalitas LKPD Elektronik berbasis POE pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian ADDIE, yang terdiri dari tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi), dalam penelitian ini hanya digunakan sampai tahap Implementation. Data penelitian ini berasal dari dua orang validator, seorang guru dan 25 peserta didik MAN Tanjungpinang. Dari validasi media diperoleh hasil 87,14% dengan kategori sangat valid dan validasi materi diperoleh hasil 78,46% dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas guru sebesar 90,00% dengan kategori sangat praktis dan praktikalitas peserta didik sebesar 94,00% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik berbasis Predict, Observe, Explain (POE) pada materi larutan penyangga sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | user kimia | |||||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2022 06:38 | |||||||||
Last Modified: | 10 Aug 2022 06:38 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4152 |
Actions (login required)
View Item |