Norbaiti, Norbaiti and Samin, Rumzi and Edison, Edison (2023) STRATEGI PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA LINGGA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN AIR BERSIH DI KECAMATAN LINGGA KABUPATEN LINGGA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Norbaiti_180563201065_IAN_Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
Norbaiti_180563201065_IAN_Abstrak.pdf - Published Version Download (277kB) |
|
Text (BAB I)
Norbaiti_180563201065_IAN_Bab I.pdf - Published Version Download (349kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Norbaiti_180563201065_IAN_Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) |
|
Text (Full Teks)
Norbaiti_180563201065_IAN_Full teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji Strategi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Lingga Dalam Memenuhi Kebutuhan Air Bersih di Kecamatan Lingga. Problematika penelitian ini menunjukkan bahwa air yang mengalir di setiap rumah pelanggan belum mengalir secara merata. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Strategi Perumda Tirta Lingga Dalam Memenuhi Kebutuhan Air Bersih di Kecamatan Lingga didasari pada 7 indikator strategi evaluasi menggunakan pendekatan manajemen strategi menurut Hadari Nawawi (2009) terdiri dari 7 indikator yaitu Attractive (Menarik), Beneficial (Bermanfaat), congruent (Tepat), distinctive (Bersifat Khusus), Effective (Berhasil Guna), Future Orientation (Berorientasi dimasa depan), Growth (Menghasilkan Peningkatan). Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Hasil Penelitian ini berdasarkan indikator Attractive (Menarik), dikatakan sudah sesuai karena melihat dari respon masyarakat terkait pelayanan yang diberikan, Beneficial (Bermanfaat) sudah memberikan manfaat namun perlu adanya pembaharuan terhadap keluhan masyarakat, Congruent (Tepat) dikatakan belum maksimal karena pengguna air bersih tidak mengerti perbedaan signifikan terhadap apa yang diberikan pihak Perumda, Distinctive (Bersifat Khusus) terlihat sudah sejalan dengan apa yang diterima masyarakat sebagai actor penting dalam keberhasilan program dari Perumda Tirta Lingga, Effective (Berhasil Guna) belum sepenuhnya sampai kesasaran sehingga mempengaruhi kepuasan pelanggan, dikatakan kurang berhasil dilihat dari respon pelanggan, Future Orientation (Berorientasi dimasa depan) srtategi yang diberikan sudah cukup jelas karena sudah termanajemen dengan bagus, Growth (Menghasilkan Peningkatan) dikatakan sudah maksimal karena startegi yang diberikan sudah mengarah kepada peningkatan program dengan menerima berbagai respon pelanggan. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa Strategi Dalam memenuhi Kebutuhan Air Bersih di Kecamatan Lingga yang dilaksanakan oleh Perusahaan yang diberikan sudah maksimal dengan mengedepankan upaya terhadap pembaruan dengan peningkatan sebagai upaya dalam strategi kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:54 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:54 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4217 |
Actions (login required)
View Item |