SAFITRI, REYKE MAYANG and Andheska, Harry and Elfitra, Legi (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERMUATAN KEARIFAN LOKAL MELAYU BAHARI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KRITIS SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
REYKE MAYANG_SAFITRI_190388201004_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Cover.pdf - Published Version Download (911kB) |
|
Text (Abstrak)
REYKE MAYANG_SAFITRI_190388201004_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Abstrak.pdf - Published Version Download (118kB) |
|
Text (BAB I)
REYKE MAYANG_SAFITRI_190388201004_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- BAB I.pdf - Published Version Download (145kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
REYKE MAYANG_SAFITRI_190388201004_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (243kB) |
|
Text (Full Teks)
REYKE MAYANG_SAFITRI_190388201004_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia- Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Reyke Mayang Safitri. 2023. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Melayu Bahari Terhadap Kemampuan Literasi Kritis Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, Pembimbing: (1) Dr. Harry Andheska, S.Pd., M.Pd, (2) Legi Elfitra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Kritis, Bahan Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Melayu Bahari Penelitian ini melihat pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang tahu pelajaran 2022/2023 masih kurang dalam kemampuan literasi kritisnya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan bahan ajar bermuatan kearifan lokal Melayu bahari yang diharapkan mampu meningkat kemampuan literasi kritis siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang tahun pelajaran 2022/2023. Penerapan bahan ajar tersebut akan dilihat efektif atau tidaknya berdasarkan hasil pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa. Metode yang digunakan penelitian ini, yaitu. Metode eskperimen dengan one-group pretest-posttest design. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes unjuk kerja dengan 10 soal uraian. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa nilai pretest siswa, yaitu 56,71. Sedangkan hasil penelitian nilai posttest siswa, yaitu 84,12. Nilai uji hipotesis yang diperoleh jika nilai signifikansi (2-tailed) > 0,05, maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan posttest.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 05:55 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 05:55 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4273 |
Actions (login required)
View Item |