Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA SMP

ANISAH, SITI AYU and Izzati, Nur and Rahmatina, Desi (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Siti Ayu Anisah_190384202031_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
Siti Ayu Anisah_190384202031_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (874kB)
[img] Text (Bab I)
Siti Ayu Anisah_190384202031_Pendidikan Matematika_Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Siti Ayu Anisah_190384202031_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (995kB)
[img] Text (Full Teks)
Siti Ayu Anisah_190384202031_Pendidikan Matematika_Full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 4 orang subjek dengan 2 subjek memiliki gaya kognitif field dependent dan 2 subjek memiliki gaya kognitif field independent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara dengan instrumen utama adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa lembar soal tes GEFT, lembar soal tes tipe PISA, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data, dilakukan triangulasi teknik dengan membandingkan antara teknik tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah kesalahan yang dialami siswa dengan gaya kognitif field dependent lebih banyak daripada kesalahan siswa dengan gaya kognitif field independent. Siswa dengan gaya kognitif field dependent melakukan 11 letak kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA, sedangkan pada siswa dengan gaya kognitif field independent hanya melakukan 8 letak kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA. Semua kesalahan yang dilakukan siswa ini sesuai dengan jenis kesalahan pada teori Newman, yaitu kesalahan reading atau membaca, comprehension atau memahami, transformation atau transformasi, process skills atau keterampilan proses, dan encoding atau penulisan jawaban.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDIzzati, NurNIP. 197003251998022002
UNSPECIFIEDRahmatina, DesiNIDN. 1005127603
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:59
Last Modified: 24 Jan 2023 07:59
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item