MAINI, NOVIA and Febrian, Febrian and Tambunan, Linda Rosmery (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR INTUITIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PYTHAGORAS DITINJAU BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTS SWASTA NAHDLATUL WATHAN BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
NOVIA MAINI_150384202057_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version Download (571kB) |
|
Text (Abstrak)
NOVIA MAINI_150384202057_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
Text (BAB I)
NOVIA MAINI_150384202057_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version Download (504kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
NOVIA MAINI_150384202057_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (347kB) |
|
Text (Fullteks)
NOVIA MAINI_150384202057_Pendidikan Matematika - Fullteks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir intuitif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah Pythagoras ditinjau berdasarkan gaya kognitif siswa kelas VIII MTs Swasta Nahdlatul Wathan Bintan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Swasta Nahdlatul Wathan Bintan, yang aktif disemester genap tahun pelajaran 2020/2021, sebanyak 2 orang yang masing-masingnya memiliki gaya kognitif field-independent dan field-dependent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen tes gaya kognitif, instrumen tes kemampuan berpikir intuitif matematis serta pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir intuitif matematis yang dimiliki oleh siswa yang bergaya kognitif field-independent dengan siswa yang bergaya kognitif field-dependent. Siswa yang gaya kognitif field-independent dalam menyelesaikan masalah Pythagoras diketahui cenderung tidak terpengaruh saat terdapat perbedaan antara masalah yang dihadapi dengan yang pernah dipelajari sebelumnya. Sedangkan siswa yang gaya kognitif field-dependent diketahui berpikirnya cenderung lebih lebih mudah terpengaruh, cenderung hanya mampu menyelesaikan masalah berdasarkan cara yang telah diketahui atau mirip dengan yang pernah dipelajari.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 03:56 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 03:56 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4403 |
Actions (login required)
View Item |