Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR INTUITIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PYTHAGORAS DITINJAU BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTS SWASTA NAHDLATUL WATHAN BINTAN

MAINI, NOVIA and Febrian, Febrian and Tambunan, Linda Rosmery (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR INTUITIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PYTHAGORAS DITINJAU BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTS SWASTA NAHDLATUL WATHAN BINTAN. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
NOVIA MAINI_150384202057_Pendidikan Matematika - Cover.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (Abstrak)
NOVIA MAINI_150384202057_Pendidikan Matematika - Abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (BAB I)
NOVIA MAINI_150384202057_Pendidikan Matematika - BAB I.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
NOVIA MAINI_150384202057_Pendidikan Matematika - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Fullteks)
NOVIA MAINI_150384202057_Pendidikan Matematika - Fullteks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir intuitif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah Pythagoras ditinjau berdasarkan gaya kognitif siswa kelas VIII MTs Swasta Nahdlatul Wathan Bintan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Swasta Nahdlatul Wathan Bintan, yang aktif disemester genap tahun pelajaran 2020/2021, sebanyak 2 orang yang masing-masingnya memiliki gaya kognitif field-independent dan field-dependent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen tes gaya kognitif, instrumen tes kemampuan berpikir intuitif matematis serta pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir intuitif matematis yang dimiliki oleh siswa yang bergaya kognitif field-independent dengan siswa yang bergaya kognitif field-dependent. Siswa yang gaya kognitif field-independent dalam menyelesaikan masalah Pythagoras diketahui cenderung tidak terpengaruh saat terdapat perbedaan antara masalah yang dihadapi dengan yang pernah dipelajari sebelumnya. Sedangkan siswa yang gaya kognitif field-dependent diketahui berpikirnya cenderung lebih lebih mudah terpengaruh, cenderung hanya mampu menyelesaikan masalah berdasarkan cara yang telah diketahui atau mirip dengan yang pernah dipelajari.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDFebrian, FebrianNIP.198802072015041004
UNSPECIFIEDRosmery Tambunan, LindaNIP.196610022021212001
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:56
Last Modified: 25 Jan 2023 03:56
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4403

Actions (login required)

View Item View Item