FATIMAH, NUR ISNAINI and Tambunan, Linda Rosmery and Izzati, Nur (2023) ANALISIS PROSES BERPIKIR MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI MASON PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Nur Isnaini Fatimah_150384202059_Pendidikan Matematika-Cover.pdf - Published Version Download (341kB) |
|
Text (Abstark)
Nur Isnaini Fatimah_150384202059_Pendidikan Matematika-abstark.pdf - Published Version Download (15kB) |
|
Text (BAB I)
Nur Isnaini Fatimah_150384202059_Pendidikan Matematika-BAB I.pdf - Published Version Download (147kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Nur Isnaini Fatimah_150384202059_Pendidikan Matematika-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (131kB) |
|
Text (Full Teks)
Nur Isnaini Fatimah_150384202059_Pendidikan Matematika-fullteks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir matematis siswa berdasarkan teori Mason pada materi peluang siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Dalam proses berpikir matematis berdasarkan teori Mason diperlukan 3 tahap yaitu tahap fase masuk (entry phase) , tahap menyelesaikan (attack phase), dan tahap meninjau ulang (review phase). Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Tanjungpinang yang berjumlah 30 siswa. Dari 30 siswa yang mengikuti tes dipilih beberapa siswa yang akan diwawancarai sebagai tindak lanjut dari hasil tes proses berpikir matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum proses berpikir matematis siswa berdasarkan teori Mason yaitu tahap pertama yaitu fase masuk dengan persentase rata-rata 42,01% sebanyak 13 siswa, pada tahap kedua yaitu fase menyelesaikan persentase rata-rata yang didapat yaitu 41,95% sebanyak 12 siswa, fase meninjau ulang terdapat 5 siswa dengan persentase rata-rata 16%. Hasil menunjukkan bahwa tahap proses berpikir matematis berdasarkan teori Mason yang masih rendah atau lemah hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami informasi yang terdapat pada soal dan ketidakmampuan siswa dalam memeriksa kembali hasil pemecahan masalah yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2023 03:18 | |||||||||
Last Modified: | 25 Jan 2023 03:18 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4432 |
Actions (login required)
View Item |