Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN E-HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KONSEP MOL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS X

RAJA DALIMUNTE, MUHAMMAD and Fitriyah, Dina and Widhia Sabekti, Ardi (2023) PENGEMBANGAN E-HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KONSEP MOL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS X. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
MHD RAJA DALIMUNTE_190384204025_PENDIDIKAN KIMIA_COVER.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (abstrak)
MHD RAJA DALIMUNTE_190384204025_PENDIDIKAN KIMIA_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7kB)
[img] Text (BAB I)
MHD RAJA DALIMUNTE_190384204025_PENDIDIKAN KIMIA_BAB 1.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
MHD RAJA DALIMUNTE_190384204025_PENDIDIKAN KIMIA_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (full teks)
MHD RAJA DALIMUNTE_190384204025_PENDIDIKAN KIMIA_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Pembelajaran transisi menjadi suatu permasalahan yang dihadapi pendidik dan peserta didik. Pembelajaran transisi menjadikan peserta didik lebih pasif dan pendidik yang lebih banyak aktif di kelas. Bahan ajar yang digunakan pendidik dalam mengajar yaitu Buku, LKS, modul, dan penuntun praktikum. Peserta didik mengalami kesulitan dalam materi konsep mol. Pengembangan E-handout Berbasis Kontekstual Pada Materi Konsep Mol Sebagai Sumber Belajar Mandiri Peserta Didik Kelas X dibuat untuk membantu meningkatkan dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan produk, hasil validasi dan praktikalitas produk sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Data diperoleh dari 2 orang validator, seorang pendidik, 25 orang peserta didik. Hasil validasi ahli materi memperoleh hasil 85% dan hasil validasi bahan ajar diperoleh hasil 87,5% dan dikategorikan baik sekali atau sangat layak layak. Hasil praktikalitas pendidik memperoleh hasil 80 % dan hasil praktikalitas peserta didik diperoleh hasil 80% dikategorikan baik atau layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-handout berbasis kontekstual pada materi konsep mol sebagai sumber belajar peserta didik layak digunakan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDFitriyah, DinaNIP.198804222019032015
UNSPECIFIEDWidhia Sabekti, ArdiNIP.198903082018031001
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 660 - 669 Chemical Engineering and Related Technologies (Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:08
Last Modified: 24 Jan 2023 07:08
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/4491

Actions (login required)

View Item View Item