Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

STRATEGI DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KABUPATEN BINTAN DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI ERA NEW NORMAL

BANGUN, IMANUEL BASTANTA and Kustiawan, Kustiawan and Putra, Ardi (2023) STRATEGI DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KABUPATEN BINTAN DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI ERA NEW NORMAL. S1 thesis, Universitas Matirim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Imanuel Bastanta Bangun_180565201063_Ilmu Pemerintahan_Cover.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (Abstrak)
Imanuel Bastanta Bangun_180565201063_Ilmu Pemerintahan_Abstrak.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Bab 1)
Imanuel Bastanta Bangun_180565201063_Ilmu Pemerintahan_Bab 1.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Imanuel Bastanta Bangun_180565201063_Ilmu Pemerintahan_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (Full Teks)
Imanuel Bastanta Bangun_180565201063_Ilmu Pemerntahan_FullTeks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semenjak adanya pandemi covid-19 di Indoneisa mengalami banyak perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat, penurunan sejumlah tenaga kerja, adanya hambatan distribusi produk dan kesulitan bahan produksi dan modal usaha. Penelitian ini berfokus pada strategi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bintan dalam meningkatkan pemasaran produk UMKM masyarakat di era new normal. Maka dari itu pemerintah melakukan sejumlah upaya dalam memajukan atau meningkatkan kembali UMKM di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif bersifar deskriptif yang menjelaskan fenomena menggunakan opini dan pendapat tanpa menggunakan angka. Penelitian ini menggunakan model dari Fred R. David yang mengungkapkan 3 proses strategi yaitu, memformulasikan strategi. Pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi. Hasil penelitian memformulasikan strategi merupakan tahap awal untuk pelaksanaan strategi dalam meningkatkan pemasaran produk UMKM ada beberapa faktor yang harus dipersiapkan mengidentifikasi strategi alternatif meneliti kondisi dan situasi yang dialami UMKM yang ada di Kabupaten Bintan serta meneliti bagaimana perkembangan UMKM masyarakat dalam mengembangkan pemasaran produk di era new normal serta menentukan strategi atau program seperti apa yang harus digunakan. Pelaksanaan strategi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bintan masih sangat terbatas anggaran sehingga program yang buat tidak maksimal dan juga fasilitas yang diberikan belum banyak masyarakat atau pelaku UMKM dapatkan. Evaluasi strategi penerapan strategi atau program yang diberikan kepada masyarakat sudah cukup baik dalam membantu masyarakat meningkatkan pemasaran produk usahanya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDKustiawan, KustiawanNIDN. 0507097301
UNSPECIFIEDPutra, ArdiNIP. 199210192019031016
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 338.04092 Entrepreneurs/Entrepreneur, Wirausaha
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: user ilmupemerintahan
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:17
Last Modified: 03 Feb 2023 08:17
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item