Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS BEBAN KERJA PETUGAS KESEHATAN DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA TANJUNGPINANG (STUDI PELAYANAN PETUGAS INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD KOTA TANJUNGPINANG DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA ZONA HIJAU)

JUNISKA, RAHMIANA and Hendrayadi, Agus and Edison, Edison (2023) ANALISIS BEBAN KERJA PETUGAS KESEHATAN DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA TANJUNGPINANG (STUDI PELAYANAN PETUGAS INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD KOTA TANJUNGPINANG DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA ZONA HIJAU). S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
RAHMIANA JUNISKA_150563201040_Ilmu Administrasi Negara_Cover.pdf - Published Version

Download (837kB)
[img] Text (Abstrak)
RAHMIANA JUNISKA_150563201040_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1)
RAHMIANA JUNISKA_150563201040_Ilmu Administrasi Negara_BAB 1.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
RAHMIANA JUNISKA_150563201040_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Full Teks)
RAHMIANA JUNISKA_150563201040_Ilmu Administrasi Negara_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban kerja petugas kesehatan Instalasi Gawat Darurat dalam pelaksanaan pelayanan di rumah sakit umum daerah Kota Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang, Hasil temuan penelitian beban kerja petugas kesehatan IGD RSUD Kota Tanjungpinang masa pandemi tergolong cukup tinggi dari segi psikis (mental) petugas karena harus memerhatikan patien safety. Berdasarkan tiga indikator beban kerja yang dikemukakan Koesomowidjojo, pertama kondisi pekerjaan terlihat bahwa petugas kewalahan dengan tidak seimbangnya jumlah petugas dalam melayani pasien, sehingga diharapkan untuk menambah petugas kesehatan di IGD, kedua penggunaan waktu kerja bahwa petugas menggunakan berbagai teknik cepat observasi agar memenuhi waktu tanggap yang ditetapkan standar pelayanan minimal yang di IGD, dan target yang harus dicapai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan sebagai target terlihat bahwa petugas masih belum mampu mencapai hasil standar SPM sehingga diharapkan petugas meningkatkan kemampuan hingga SPM terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDHendrayadi, AgusNIP.1973080052021211004
UNSPECIFIEDEdison, EdisonNIP.198612302014041001
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 350 Public Administration/Administrasi Negara > 353.6 Administration of Health Services/Departemen Kesehatan (Depkes)
300. Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.1068 Medical Service Management/Manajemen Layanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: user IAN
Date Deposited: 02 Feb 2023 09:07
Last Modified: 02 Feb 2023 09:07
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5034

Actions (login required)

View Item View Item