RYANTIKA, ROZA and Nazaki, Nazaki and Winarti, Novi (2023) GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS BATU 10 KOTA TANJUNGPINANG TAHUN 2021-2022. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (ROZA_RYANTIKA_150565201064_Ilmu Pemerintahan- Cover)
ROZA_RYANTIKA_150565201065_Ilmu Pemerintahan - COVER.pdf - Published Version Download (282kB) |
|
Text (ROZA_RYANTIKA_150565201064_Ilmu Pemerintahan - Abstrak)
ROZA_RYANTIKA_150565201064_Ilmu Pemerintahan - Abstrak.pdf - Published Version Download (59kB) |
|
Text (ROZA_RYANTIKA_150565201064_Ilmu Pemerintahan - BAB 1)
ROZA_RYANTIKA_150565201064_Ilmu Pemerintahan - BAB I.pdf - Published Version Download (119kB) |
|
Text (ROZA_RYANTIKA_150565201064_Ilmu Pemerintahan - Daftar Pustaka)
ROZA_RYANTIKA_150565201064_ Ilmu Pemerintahan - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (89kB) |
|
Text (ROZA_RYANTIKA_150565201064_Ilmu Pemerintahan - Full Teks)
ROZA_RYANTIKA_150565201064_Ilmu Pemerintahan - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Good governance selalu beriringan dengan pelayanan publik. Pelayanan publik salah satunya dibidang kesehatan menjadi aset penting karena merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Puskesmas adalah salah satu fasilitas kesehatan yang memiliki fungsi penggerak pembangunan kesehatan. Puskesmas Batu 10 terakreditasi dari tahun 2016 mendapat status Madya, di tahun 2019 skor meningkat dan mendapat status Paripurna. Juga mendapat penghargaan di top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2022. Dengan berlatar belakang prestasi dan keunggulan tersebut maka bagaimanakah pelaksanaan Good governance dalam pelayanan kesehatan Puskesmas Batu 10 tahun 2021-2022. Tujuan penelitian ingin mengetahui seperti apa good governance dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Batu 10. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 12 orang wawancara dan dokumentasi. Alasan memilih Puskesmas Batu 10 karena sudah mendapatkan akreditasi dan menjadi Puskesmas pertama yang mendapatkan Akreditasi terbaik. Hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan prinsip dari good governance sudah berjalan dengan sebagaimana mestinya tidak heran jika akreditasinya Paripurna. Akreditasi dan penghargaan yang didapat bukan hanya sekedar formalitas dan administrasinya saja namun terselenggarakan dengan sangat baik juga dalam pelayanan kesehatannya. Tetapi terdapat dua indikator yang belum maksimal penerapannya yakni keterbukaan dan aturan hukum kendala nya itu dikarenakan kurangnya ketidakdisplinan petugas dalam melaksanakan standar pelayanan yang telah ditetapkan serta minimnya daya tanggap petugas akan hal pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat. Saran, untuk meningkatkan keterbukaan dalam pelayanan di Puskesmas Batu 10 harus rutin memperbaharui data dan informasi di Website tersebut agar masyarakat bisa dengan mudah mencari data dan informasi yang dibutuhkan. Juga harus mengevaluasi kembali mengenai standar pelayanan nya karena beberapa informasi yang didapat terdapat ketidaksesuaian dalam melakukan pelayanan terutama tentang jam operasionalnya yang dinilai masih kurang efisien oleh masyarakat. Kata Kunci : Good Governance, Pelayanan Kesehatan
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan | |||||||||
Depositing User: | user ilmupemerintahan | |||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 08:44 | |||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 08:44 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5059 |
Actions (login required)
View Item |