STIAWAN, DONNY and Akhirman, Akhirman and Kusasi, Firmansyah (2023) ANALISIS KREATIVITAS DAN INOVASI TERHADAP PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM BERBAHAN DASAR SAGU DI KABUPATEN LINGGA. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Donny Stiawan_170461201021_Manajemen_Cover.pdf - Published Version Download (492kB) |
|
Text (Abstrak)
Donny Stiawan_170461201021_Manajemen_Abstrak.pdf - Published Version Download (52kB) |
|
Text (BAB I)
Donny Stiawan_170461201021_Manajemen_BAB I.pdf - Published Version Download (246kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Donny Stiawan_170461201021_Manajemen_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (176kB) |
|
Text (Full Teks)
Donny Stiawan_170461201021_Manajemen_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Kreativitas dan Inovasi Terhadap Pengembangan pemasaran UMKM Berbahan Dasar Sagu. Sagu di Kabupaten Lingga banyak di manfaatkan UMKM untuk di olah menjadi kuliner, contohnya seperti keripik sagu, Laksa, Gubal, dan lain-lainnya. Namun, dalam pengolahan kuliner berbahan dasar sagu, para pelaku UMKM tidak memiliki Kreativitas dan Inovasi terhadap produk-produk yang mereka buat, karena para pelaku UMKM ini tidak mengikuti perkembangan zaman, dimana pada saat ini para konsumen lebih tertarik pada suatu yang baru pada produk tersebut tetapi tidak menghilangkan keaslian produk tersebut. Bagaimana peran kreativitas dan inovasi terhadap pengembangan pemasaran UMKM berbahan dasar sagu di Kabupaten Lingga. produk ini memiliki Kekuatan (Strengh) tersendiri dalam produk mereka seperti rasa yang menjanjikan, dan khasiat yang dimiliki produk-produk tersebut. Akan tetapi ada beberapa produk-produk ini memiliki Kelemahan (Weaknes) yang harus di atasi, seperti ada beberapa produk mereka tidak memiliki label Halal atau izin lainnya yang di peroleh dari pemerintah. Dilain sisi produk-produk olahan berbahan dasar Sagu ini memiliki Peluang (Opportunity) untuk memasarkan produk-produk mereka, melalui sosial media atau e-commerce yang ada pada saat ini. Ancaman-ancaman (Weakness) yang akan datang pasti akan terjadi, seperti turunnya permintaan konsumen terhadap produk mereka berpengaruh terhadap omzet penjualan dan produksi produk-produk mereka akan menurun juga.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi 300. Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 338.04092 Entrepreneurs/Entrepreneur, Wirausaha |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen | |||||||||
Depositing User: | user manajemen | |||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2023 09:20 | |||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2023 09:20 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5108 |
Actions (login required)
View Item |