Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PRAMUNIAGA DALAM MEMASARKAN PRODUK KOSMETIK DI KOTA TANJUNGPINANG

Firdawati, firdawati and Rahmawati, Nanik and Syafitri, Rahma (2023) PRAMUNIAGA DALAM MEMASARKAN PRODUK KOSMETIK DI KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (COVER)
FIRDAWATI_150569201059_SOSIOLOGI_COVER.pdf - Published Version

Download (784kB)
[img] Text (ABSTRAK)
FIRDAWATI_150569201059_SOSIOLOGI_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1)
FIRDAWATI_150569201059_SOSIOLOGI_BAB 1.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR REFERENSI)
FIRDAWATI_150569201059_SOSIOLOGI_DAFTAR REFERENSI.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (FULL TEKS)
FIRDAWATI_150569201059_SOSIOLOGI_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id

Abstract

Jika dilihat dari data di Kota Tanjungpinang masih sering terlihat adalah SPG make up, mereka biasanya di tempatkan di swalayan, toko, dan ada juga yang mempromosikan datang ke tempat keramaian, SPG make up ini, mempromosikan berbagai merek make up. Fenomena yang terjadi saat ini Para SPG bekerja tidak sendiri melainkan banyak pihak yang bersedia menjadi perantara, seperti teman yang membantu menjualkan dagangannya sampai dengan sesama teman SPG untuk membantu melariskan dagangan mereka agar mencapai target, jika tidak begitu maka para SPG sangat sulit menjual dagangannya dan tidak bisa menjual sesuai target, tidak hanya itu mereka biasanya meminta nomor handphone pelanggan untuk mempromosikan lewat whatsapp jika ada produk terbaru, kemudian membagikan brosur, dan biasanya SPG ini akan menjelaskan secara detail agar konsumen tertarik menggunakan make up tersebut, serta memberikan diskon khusus, dan penawaran menarik lainnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dimana dalam penelitian ini menggunakan 5 orang informan dan dalam penelitian ini menggunakan teori Fukuyama (2002: 72). Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa jaringan sosial sales promotion girl make up di kota Tanjungpinang Kepulauan Riau terbentuk antara spg adalah mayoritas jaringan yang didasarkan atas garis keluarga, teman dan sesama SPG, dimana pada awalnya jaringan yang terbentuk hanyalah jaringan ekonomi yang kemudian meluas ke jaringan sosial yaitu menjalin hubungan baik dengan sesama SPG, mereka bekerja sama satu sama lain dan tidak hanya sekedar dengan orang yang mereka kenal secara langsung untuk memperoleh manfaat timbal balik. Sehingga dengan adanya jaringan dapat membentuk sebuah hubungan sosial walaupun awalnya tidak saling mengenal satu sama lain. Sehingga dengan adanya jaringan sosial dalam kehidupan ekonomi akan menimbulkan adanya keterlekatan perilaku dalam interkasi ataupun hubungan sosial. Jaringan yang berkembang di kelompok pedagang diawali dengan nilai-nilai informan yang berfungsi sebagai aturan-aturan yang harus dipatuhi bersama agar tercapai suatu kerjasama di dalam komunitas tersebut Kata Kunci : Jaringan Sosial, Perempuan Sebagai Tenaga Pemasaran, Make Up

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
UNSPECIFIEDRahmawati, NanikNIP. 198004132021212006
UNSPECIFIEDSyafitri, RahmaNIP.198508202015042001
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 380. Perdagangan, Komunikasi, Transportasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: user sosiologi
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:24
Last Modified: 03 Feb 2023 08:24
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5153

Actions (login required)

View Item View Item