NOVIANTI, ANDINI and Nevrita, Nevrita and Fernando, Adam (2023) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X IPA MAN TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Andini Novianti_190384205036_Pendidikan Biologi_COVER.pdf - Published Version Download (721kB) |
|
Text (Abstrak)
Andini_Novianti_190384205036_Pendidikan Biologi_Abstrak.pdf - Published Version Download (393kB) |
|
Text (BAB I)
Andini_Novianti_190384205036_Pendidikan Biologi_BAB I.pdf - Published Version Download (224kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Andini Novianti_190384205036_Pendidikan Biologi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (442kB) |
|
Text (Full Teks)
Andini Novianti_190384205036_Pendidikan Biologi-Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode role playing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X IPA MAN Tanjungpinang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes (post-test) untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar angket untuk mengukur motivasi siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode role playing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis hasil tes, analisis data angket motivasi, analisis data observasi keterlaksanaan, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh menunjukkan hasil uji T dan uji F, yaitu: 1). terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa: 2). terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing terhadap motivasi siswa: 3). terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing terhadap hasil belajar dan motivasi siswa. Metode role playing ini dapat direkomendasikan sebagai metode pembelajaran alternatif untuk menunjang proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa di dalam kelas pada pembelajaran Biologi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | user biologi | |||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2023 04:55 | |||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2023 04:55 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5394 |
Actions (login required)
View Item |