Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI HIDROKARBON

LAURA, LAURA and Yulita, Inelda and Willian, Nancy (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI HIDROKARBON. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Abstrak)
Laura_190384204021_Pendidikan Kimia_Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (BAB I)
Laura_190384204021_Pendidikan Kimia_BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Cover)
Laura_190384204021_Pendidikan Kimia_Cover.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Laura_190384204021_Pendidikan Kimia_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Full Teks)
Laura_190384204021_Pendidikan Kimia_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Permasalahan yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh guru yang mengakibatkan peserta didik merasa bosan dan tidak paham pada materi yang disampaikan oleh guru sehingga mengakibatkan hasil belajar kurang maksimal pada materi hidrokarbon. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Hidrokarbon merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan meningkatkan minat beajar dan pemahaman peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Hidrokarbon. Selain itu media pembelajaran video animasi berbasis pendekatan CTL dapat membantu guru dalam menyampaikan materi hidrokarbon kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian pada tahap uji validasi yaitu satu orang ahli media dan satu orang ahli materi dan uji praktikalitas dilakukan kepada satu orang guru kimia dan 33 peserta didik SMAN 1 Toapaya. Hasil validasi materi diperoleh hasil 78,5% dikategorikan valid dan hasil validasi media memperoleh hasil 90,5% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas pendidik memperoleh hasil 84% dan praktikalitas peserta didik memperoleh hasil 85% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Pendekatan CTL pada materi hidrokarbon layak digunakan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorYulita, IneldaNIP. 19860705842042004
ContributorWillian, NancyNIP.198107212014042001
Subjects: 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 501. Ilmu Pengetahuan Alam
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: user kimia
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:57
Last Modified: 07 Aug 2023 03:57
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5548

Actions (login required)

View Item View Item