ABDURRAHMAN, FARHAN and Kurnianingsih, Fitri and Setiawan, Ramadhani (2023) EFEKTIVITAS E-SIGNATURE DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA TANJUNGPINANG. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
FARHAN ABDURAHMAN_180563201056_Ilmu Administrasi Negara_Cover.pdf - Published Version Download (638kB) |
|
Text (Abstrak)
FARHAN ABDURAHMAN_180563201056_Ilmu Administrasi Negara_Abstrak.pdf - Published Version Download (230kB) |
|
Text (BAB I)
FARHAN ABDURAHMAN_180563201056_Ilmu Administrasi Negara_BAB I.pdf - Published Version Download (597kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
FARHAN ABDURAHMAN_180563201056_Ilmu Administrasi Negara_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (350kB) |
|
Text (Full Teks)
FARHAN ABDURAHMAN_180563201056_Ilmu Administrasi Negara_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Kebutuhan dan kepuasan masyarakat sebagai konsumen jasa terjamin dengan pelayanan prima.Seluruh Instansi Pemerintah, baik Kementerian/Lembaga, Provinsi, serta Kabupaten/Kota harus berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima. Menciptakan keyakinan publik terhadap penyelenggaraan pelayanan masyarakat oleh pelaksana pelayanan masyarakat ialah syarat lain dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.Pengelolaan pelayanan publik mesti mengacu kepada standar pelayanan yang ditetapkan. Birokrasi yang kompleks, inefisiensi,waktu penyelesaian yang lambat, bermusuhan, dan ambigu, serta biaya layanan yang tidak diketahui,Penguasa wilayah terus dituntut buat bisa melangsungkan pengembangan ataupun membuat inovasi baru dalam membagikan kenaikan mutu pelayanan publik di masa globalisasi saat ini yang penuh dengan tantangan.Peraturan Walikota Tanjungpinang Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi digunakan sebagai persetujuan penandatangan atas informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang ditandatangani dengan tanda elektronik. Tujuan penelitian untuk mengetahui Efektivitas e-signature di Kantor DPMPTSP Tanjungpinang merujuk pada indikator Pencapaian Tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sampel 5 informan yang merupakan masyarakat/Pemohon, Hasil penelitian berdasarkan (1) indikator pencapaian tujuan program e-signature tersebut dikatakan sudah efektif dalam hal mengurangi kunjungan pemohon yang datang langsung ke kantor sehingga tidak ada antrian panjang dikantor,(2) indikator integrasi yang dijalankan efektif dari segi sosialisasi program, penyampaian sosialisasi tidak didapatkan oleh sebagian masyarakat atau pemohon (3) indikator adaptasi sudah cukup efektif karena masyarakat mampu beradaptasi, menerima dan mendukung program e-signature. Kesimpulan penelitian dinilai efektif dan belum efektif surat rekomendasi dari dinas terkait sangat lama bahkan seminggu sampai sebulan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 302.2 Communication/Komunikasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara | |||||||||
Depositing User: | user IAN | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:29 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:29 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5595 |
Actions (login required)
View Item |