Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR MENURUT GREGORC

FITRI, SITI NUR and Liana, Metta and Rosmery Tambunan, Linda (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR MENURUT GREGORC. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
Siti Nur Fitri_190384202014_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (Abstrak)
Siti Nur Fitri_190384202014_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (BAB I)
Siti Nur Fitri_190384202014_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Siti Nur Fitri_190384202014_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Full Teks)
Siti Nur Fitri_190384202014_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Siti Nur Fitri. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII MTs pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Berpikir Menurut Gregorc. Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Assist. Prof. Metta Liana, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Assist. Prof. Dra. Linda Rosmery tambunan, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan, Penalaran matematis, Gaya berpikir. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang dilihat dari karakteristik gaya berpikir yang dikategorikan menurut Anthony Gregorc. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2023 di MTs Negeri Tanjungpinang. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, 2 siswa dengan gaya berpikir acak konkret dan 2 siswa dengan gaya berpikir acak abstrak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Instrumen yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu peneliti dan didukung dengan instrumen tes gaya berpikir, instrumen tes penalaran matematis dan pedoman wawancara. Data akan dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data dan kesimpulan sesuai dengan teknik analisis Miles & Huberman. Adapun data yang didapatkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret, acak konkret dan acak abstrak. Siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak mampu menjawab ketiga soal dengan tepat, siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret hanya mampu memenuhi 4 indikator kemampuan penalaran dari 6 indikator dengan tepat, subjek acak konkret dapat memenuhi 3 indikator dengan tepat dan siswa dengan gaya berpikir acak abstrak mampu memenuhi 3 indikator dengan tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorLiana, MettaNIP.198801292019032016
ContributorRosmery Tambunan, LindaNIDN.1006106601
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.01 Public Schools/Sekolah Negeri
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: user matematika
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:18
Last Modified: 07 Aug 2023 03:18
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5596

Actions (login required)

View Item View Item