FITRI, SITI NUR and Liana, Metta and Rosmery Tambunan, Linda (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR MENURUT GREGORC. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
Siti Nur Fitri_190384202014_Pendidikan Matematika_Cover.pdf - Published Version Download (499kB) |
|
Text (Abstrak)
Siti Nur Fitri_190384202014_Pendidikan Matematika_Abstrak.pdf - Published Version Download (49kB) |
|
Text (BAB I)
Siti Nur Fitri_190384202014_Pendidikan Matematika_BAB I.pdf - Published Version Download (202kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Siti Nur Fitri_190384202014_Pendidikan Matematika_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (119kB) |
|
Text (Full Teks)
Siti Nur Fitri_190384202014_Pendidikan Matematika_Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Siti Nur Fitri. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII MTs pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Berpikir Menurut Gregorc. Skripsi. Tanjungpinang: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pembimbing I: Assist. Prof. Metta Liana, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Assist. Prof. Dra. Linda Rosmery tambunan, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan, Penalaran matematis, Gaya berpikir. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa yang dilihat dari karakteristik gaya berpikir yang dikategorikan menurut Anthony Gregorc. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2023 di MTs Negeri Tanjungpinang. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret, 2 siswa dengan gaya berpikir acak konkret dan 2 siswa dengan gaya berpikir acak abstrak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Instrumen yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu peneliti dan didukung dengan instrumen tes gaya berpikir, instrumen tes penalaran matematis dan pedoman wawancara. Data akan dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data dan kesimpulan sesuai dengan teknik analisis Miles & Huberman. Adapun data yang didapatkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret, acak konkret dan acak abstrak. Siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak mampu menjawab ketiga soal dengan tepat, siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret hanya mampu memenuhi 4 indikator kemampuan penalaran dari 6 indikator dengan tepat, subjek acak konkret dapat memenuhi 3 indikator dengan tepat dan siswa dengan gaya berpikir acak abstrak mampu memenuhi 3 indikator dengan tepat.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.01 Public Schools/Sekolah Negeri 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran 500. Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | user matematika | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:18 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:18 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5596 |
Actions (login required)
View Item |