JENEVA, YOHANA and Leo Shanty, Isnaini and Elfitra, Legi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBAK PANAH PADA PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X MIPA SEKOLAH MENENGAH ATAS 7 TANJUNGPINANG 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Text (Cover)
YOHANA JENEVA_190388201003_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Cover.pdf - Published Version Download (495kB) |
|
Text (Abstrak)
YOHANA JENEVA_190388201003_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Abtrak.pdf - Published Version Download (538kB) |
|
Text (BAB I)
YOHANA JENEVA_190388201003_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - BAB I.pdf - Published Version Download (190kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
YOHANA JENEVA_190388201003_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (557kB) |
|
Text (Full Teks)
YOHANA JENEVA_190388201003_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Full Teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tembak panah pada pembelajaran membaca teks biografi siswa kelas X MIPA Sekolah Menengah Atas 7 Tanjungpinang 2022/2023, dengan mengukur validasi dan kepraktisan dari media yang telah dikembangkan. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D, yang dimulai dari tahap define (pendefinisian), design (desain), dan develop (pengembangan). Media yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran berbentuk lingkaran pada bidang tembaknya dan mengutamakan pada aspek visual. media pembelajaran tembak panah pada pembelajaran membaca teks biografi siswa kelas X MIPA Sekolah Menengah Atas 7 Tanjungpinang dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu, kepraktisan pada kelompok kecil yang berjumlah lima siswa, dan kepraktisan pada kelompok besar yang berjumlah 29 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan angket validasi oleh ahli dan angket kepraktisan media pada siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif untuk menjabarkan kritik dan saran yang diberikan oleh ahli dan siswa. Selain itu, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian validasi dan kepraktisan. Hasil penelitian ini, berdasarkan validasi media oleh ahli media yaitu 88,57%, dengan kualifikasi sangat valid. Berdasarkan validasi media oleh ahli materi yaitu 90%, dengan kualifikasi sangat valid. Berdasarkan kepraktisan pada kelompok kecil yaitu 92,8%, dengan kualfikasi sangat praktis, dan kepraktisan pada kelompok besar yaitu 94,75%, dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kepraktisan, media dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia materi teks biografi. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan media pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | user Bahasa Indonesia | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:12 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:12 | |||||||||
URI: | http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5691 |
Actions (login required)
View Item |