Search for collections on Repository Universitas Maritim Raja Ali Haji

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBAK PANAH PADA PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X MIPA SEKOLAH MENENGAH ATAS 7 TANJUNGPINANG 2022/2023

JENEVA, YOHANA and Leo Shanty, Isnaini and Elfitra, Legi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBAK PANAH PADA PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X MIPA SEKOLAH MENENGAH ATAS 7 TANJUNGPINANG 2022/2023. S1 thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

[img] Text (Cover)
YOHANA JENEVA_190388201003_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Cover.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (Abstrak)
YOHANA JENEVA_190388201003_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Abtrak.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text (BAB I)
YOHANA JENEVA_190388201003_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - BAB I.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
YOHANA JENEVA_190388201003_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (557kB)
[img] Text (Full Teks)
YOHANA JENEVA_190388201003_Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.umrah.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tembak panah pada pembelajaran membaca teks biografi siswa kelas X MIPA Sekolah Menengah Atas 7 Tanjungpinang 2022/2023, dengan mengukur validasi dan kepraktisan dari media yang telah dikembangkan. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D, yang dimulai dari tahap define (pendefinisian), design (desain), dan develop (pengembangan). Media yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran berbentuk lingkaran pada bidang tembaknya dan mengutamakan pada aspek visual. media pembelajaran tembak panah pada pembelajaran membaca teks biografi siswa kelas X MIPA Sekolah Menengah Atas 7 Tanjungpinang dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu, kepraktisan pada kelompok kecil yang berjumlah lima siswa, dan kepraktisan pada kelompok besar yang berjumlah 29 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan angket validasi oleh ahli dan angket kepraktisan media pada siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif untuk menjabarkan kritik dan saran yang diberikan oleh ahli dan siswa. Selain itu, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian validasi dan kepraktisan. Hasil penelitian ini, berdasarkan validasi media oleh ahli media yaitu 88,57%, dengan kualifikasi sangat valid. Berdasarkan validasi media oleh ahli materi yaitu 90%, dengan kualifikasi sangat valid. Berdasarkan kepraktisan pada kelompok kecil yaitu 92,8%, dengan kualfikasi sangat praktis, dan kepraktisan pada kelompok besar yaitu 94,75%, dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji kepraktisan, media dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia materi teks biografi. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan media pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIP / NIDN
ContributorLeo Shanty, IsnainiNIP.196207261986012001
ContributorElfitra, LegiNIP.198501292015042002
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300. Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: user Bahasa Indonesia
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:12
Last Modified: 08 Aug 2023 07:12
URI: http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5691

Actions (login required)

View Item View Item